Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

F1 : Lewis Hamilton Incar Kemenangan Ketiga Beruntun

Pebalap asal Inggris Lewis Hamilton mengincar kemenangan di Sirkuit Silverstone di negaranya.
Pembalap F1 asal Inggris Lewis Hamilton/Reuters-Aly Song
Pembalap F1 asal Inggris Lewis Hamilton/Reuters-Aly Song

Bisnis.com, JAKARTA – Pebalap asal Inggris Lewis Hamilton mengincar kemenangan ketiga secara berturut-turut musim ini ketika Formula 1 digelar di Sirkuit Silverstone, Inggris, pada akhir pekan nanti.

Pebalap Mercedes itu telah dua kali merayakan kemenangan di atas tribun tanpa kehadiran penonton di Grand Prix Styria dan Hongaria di saat F1 kembali bergulir setelah tertunda pandemi virus corona jenis Covid-19.

Silverstone akan menjadi tuan rumah dua balapan secara beruntun, Grand Prix Britania di akhir pekan nanti dan satu grand prix lainnya yang khusus menandai perayaan 70 tahun sejak seri pertama F1 digelar di Silverstone pada 1950.

"Grand Prix Britania adalah grand prix terbaik, khususnya karena para fan, ribuan yang datang dan menjadikan tontonan besar," kata juara dunia enam kali itu setelah memenangi seri ketiga di Hongaria seperti ditulis Antara pada Rabu (29/7/2020) malam WIB mengutip Reuters.

Hamilton juga merupakan pebalap terbanyak menjuarai Grand Prix Britania dengan enam kali kemenangan yang diraih pada 2008, 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2019.

Mercedes belum terkalahkan di musim ini, setelah Valtteri Bottas menjuarai seri pembuka di Austria dan Hamilton di dua seri setelahnya. Kedua pebalap itu juga bergantian merebut pole position.

Desain trek Sirkuit Silverstone yang panjang dan berkarakteristik cepat dipandang cocok dengan mobil Mercedes, namun bos tim Toto Wolff tidak ingin meremehkan lawan-lawannya.

"Kami memiliki start yang bagus musim ini. Kami mengatasi masalah yang menyulitkan kami di pekan pertama, tiga kali menang dari tiga balapan dan mencetak skor yang cukup banyak," kata Wolff.

Baca juga: Hamilton juarai GP Styria setelah drama tabrakan dua Ferrari "Namun, tiga balapan pertama juga menekankan faktor krusial lainnya yaitu pentingnya reliabilitas di musim yang diperpendek ini.

"Kami salah satu dari dua tim yang menyelesaikan semua balapan dengan kedua mobil tahun ini dan kami tahu bagaimana DNF (gagal finis) bisa membuat pimpinan perolehan poin menghilang."

Saat ini Hamilton memuncaki klasemen pebalap dengan selisih lima poin dari Bottas, dan terpaut 30 poin dari pebalap Red Bull Max Verstappen, yang finis podium di dua seri terakhir.

Verstappen bisa berharap hasil baik di sirkuit yang terletak tak jauh dari markas timnya itu. "Kami tahu area yang harus kami perbaiki... Aku rasa kami bisa berharap hasil bagus di sana, secara historis ini merupakan trek yang cukup baik untuk tim, dan salah satu yang aku sangat menikmati ketika membalap," kata pebalap Belanda itu.

Racing Point, yang markasnya di seberang Silverstone, bisa menjadi rival terdekat Mercedes dengan mobil mereka yang memiliki desain serupa dengan mobil Mercedes tahun lalu yang digunakan Hamilton merebut gelar juara keenamnya.

Tim ber-livery merah jambu itu kemungkinan bakal mendapati protes kembali dari Renault yang mempertanyakan legalitas mobil RP20 sementara steward baru akan memutuskan hasil investigasi mereka pada Agustus nanti.

Sementara itu, Ferrari yang pernah 17 kali juara di Inggris, terlempar ke peringkat lima klasemen konstruktor karena paket mobil yang mengecewakan tahun ini. Mereka pun mengakui jika mobil SF1000 itu lamban dibandingkan dengan rival-rival mereka.

"Kami tahu dari sisi tingkat daya saing ini akan sulit, tapi kami harus fokus memperoleh informasi sebaik mungkin agar bisa mengembangkan mobil kami di arah yang benar," kata Sporting Director Ferrari Laurent Mekies.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler