Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembangunan Sirkuit Mandalika Terus Berjalan, Uji Coba Lintasan 2021

Saat ini progres pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika sudah mencapai 50 persen.
Kawasan Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (24/2/2019)./ANTARA-Ahmad Subaidi
Kawasan Mandalika di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (24/2/2019)./ANTARA-Ahmad Subaidi

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat, Lalu Moh Faozal, mengatakan proses pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika masih terus berjalan, bahkan jika tidak ada kendala, uji coba sirkuit sudah bisa dilakukan pada bulan April 2021.

"Insya Allah, uji coba lintasan sudah bisa dilakukan April 2021," ujarnya di Mataram, Selasa (28/7/2020).

Ia mengakui hingga saat ini progres pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika sudah mencapai 50 persen. Bahkan, pada bulan Agustus 2020, sirkuit dengan panjang lintasan 4,31 kilometer dan 17 tikungan tersebut sudah masuk dalam tahap pengaspalan.

"Jadi semua berjalan sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan," terang Faozal.

Menurut dia, dengan rencana uji race lintasan pada 2021, maka dirinya menepis isu yang berkembang bahwa pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika tertunda akibat pandemi Covid-19. Sebab, bagaimanapun pergelaran MotoGP di sirkuit Mandalika menjadi harapan bagi pariwisata NTB.

"Saya kira tidak ada penundaan pembangunan sirkuit, apalagi penyelenggaraan MotoGP sudah terikat antara penyelenggara MotoGP dengan pemerintah. Jadi tandatangan ini bukan lagi antar daerah NTB tapi sudah negara melalui presiden," tegasnya.

Karena itu, meski pandemi Covid-19 merebak, Faozal menyatakan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika terus berjalan, sehingga tidak ada masalah dengan pembangunannya.

"Saya kira semua negara mengalami Covid-19, tetapi apakah aktivitas itu terhenti tentu juga tidak. Karena, semua juga berjalan dengan menerapkan SOP Covid-19. Contoh main bola saja sudah bisa dilaksanakan tetapi tetap jalan dengan mengedepankan protokol Covid-19, sehingga kenapa tidak dengan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika," katanya.

Sebelumnya, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah memastikan pembangunan sirkuit MotoGP Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah tetap berjalan sesuai rencana yang telah ditetapkan.

"Masih on the right track," ujarnya.

Menurutnya, Kementerian PUPR sendiri memberikan perhatian khusus kepada NTB, karena provinsi itu akan menjadi tuan rumah MotoGP 2021. Mulai dari pembangunan jalan yang akan dibangun dari bandara menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika pada bulan Juli.

"Kami optimistis pembangunan sirkuit tetap berjalan sesuai rencana walau ada masalah lahan," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler