Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Juara Moto GP 2020 Spanyol, Quartararo: Saya Belum Percaya

Hasil pertarungan perdana Moto GP 2020 di Spanyol membawa tim satelit Petronas Yamaha ke puncak tertinggi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Juli 2020  |  01:18 WIB
Fabio Quartararo Juara Moto GP 2020 di Spanyol. - Antara
Fabio Quartararo Juara Moto GP 2020 di Spanyol. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Moto GP 2020 memulai seri perdana dengan menempatkan Fabio Quartararo dari tim satelit Petronas Yamaha sebagai juara Grand Prix Spanyol, Minggu (19/7/2020).

Dalam pertandingan di Sirkuit Jerez, Spanyol itu, Quartararo berhasil mengonversi pole position menjadi kemenangan pertama. Hasil tim satelit ini sekaligus mengalahkan pebalap tim pabrikan Yamaha, Maverick Vinales yang finis runner-up. Sementara peringkat ketiga diraih oleh Andrea Dovizioso dari tim Ducati dengan selisih 4,603 detik.

Keberhasilan Fabio ini juga dilengkapi dengan menempatkan namanya sebagai pebalap Prancis pertama yang menjuarai Grand Prix di kelas premier setelah Regis Laconi. Regis sendiri menjuarai Grand Prix Valencia 1999.

"Ini terasa luar biasa, saya belum percaya.... sangat sulit balapan tanpa penonton, tanpa keluarga, tapi ini 2020 yang baru. Terasa hebat pada akhirnya berada di podium teratas," kata Quartararo seperti dilansir Antara, Minggu (20/7/2020).

Balapan pembuka kelas MotoGP ini juga akan menjadi sejarah karena dilangsungkan tanpa penonton. Pertandingan dilangsungkan di bawah protokol ketat Covid-19. Adu cepat mesin motor ini sendiri sempat tertunda empat bulan setelah pengumuman krisis kesehatan global.

"Jujur saya memiliki saat-saat paling menakutkan dalam balapan ini yang terjadi di lokasi yang sama, saya ingin memasukkan gigi namun... oh tidak, jangan seperti tahun lalu dan akhirnya bisa turun giginya."

"Sepuluh lap terakhir sangat panjang, tapi lap terakhir saya menikmatinya seperti setiap lap, memikirkan satu sektor ke sektor lainnya, bersenang-senang dengan motor, melakukan beberapa slide, terasa luar biasa."

 

Bukan tanpa kendala, Quartararo menjalani start yang buruk meski berada di pole. Ditambah dengan daya cengkeram aspal trek yang buruk hari itu, dia harus berjuang merebut kembali posisinya.

"Treknya tak terlalu memiliki daya cengkeram, performa ban menurun dengan sangat cepat tapi sebenarnya saya merasa nyaman di atas motor."

Pertandingan perdana itu sekaligus menjadi hari buruk bagi tim Suzuki. Dua pebalap andalan mereka tidak mampu menyelesaikan lomba.

Joan Mir terjatuh ketika balapan baru berjalan dua putaran sementara Alex Rins dinyatakan tidak fit karena mengalami retak bahu kanannya setelah kecelakaan hebat pada sesi kualifikasi.

Cal Crutchlow, yang seharusnya start dari P6, gagal menjalani balapan pertamanya musim ini setelah kecelakaan di Tikungan 8 pada sesi pemanasan jelang start. Sang pebalap asal Inggris mengalami benturan keras di kepala dan trauma di bagian leher.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

moto gp

Sumber : Antara

Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top