Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

F1 : Pebalap Veteran Fernando Alonso Kembali ke Renault

Pebalap veteran Fernando Alonso kembali bertarung di F1 setelah 2 tahun absen. Dia kembali memperkuat Renault.
Fernando Alonso/Reuters/Toru Hanai
Fernando Alonso/Reuters/Toru Hanai

Bisnis.com, JAKARTA – Fernando Alonso, juara dunia Formula 1 sebanyak dua kali, bergabung lagi ke Renault mulai tahun depan setelah selama 2 tahun meninggalkan balapan.

Renault resmi mengumumkan kembalinya sang pebalap Spanyol yang mempersembahkan gelar bagi pabrikan asal Prancis itu pada 2005 dan 2006.

Alonso akan menjadi rekan pebalap 23 tahun asal Prancis, Esteban Ocon, yang menggantikan Daniel Ricciardo yang pindah ke McLaren pada akhir musim ini.

"Renault adalah keluargaku, kenangan terindahku di Formula 1 dengan dua gelar juara dunia tersebut," kata Alonso pada Rabu (8/7/2020).

"Ini sumber kebanggaan dan dengan emosi yang luar biasa aku kembali ke tim yang memberiku peluang di awal karirku dan sekarang menyediakan aku kesempatan untuk kembali ke tingkat tertinggi."

Alonso tahun depan akan berusia 39 tahun dan membela Renault untuk ketiga kalinya, setelah sebelumnya juga bersama mereka pada 2008 dan 2009.

Renault tidak menyebut berapa lama masa kontrak dengan Alonso, tetapi diyakini berjalan dua musim.

Selain dua gelar juara dunia, Alonso merupakan pemenang 32 Grand Prix selama karirnya di F1.

Dia melewatkan tiga gelar pada 2007 bersama McLaren, dan 2010 serta 2012 ketika membela Ferrari, setelah kalah dari Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel.

"Saya punya prinsip dan ambisi yang sejalan dengan proyek tim," kata Alonso tentang tim yang finis peringkat lima konstruktor musim lalu itu.

"Progres mereka musim dingin ini memberi kredibilitas dan tujuan untuk musim 2022 dan aku akan membagi semua pengalaman membalapku kepada setiap orang mulai dari engineer hingga mekanik dan rekan-rekan timku."

Bos tim Renault Cyril Abiteboul pun menyambut baik kembalinya pebalap veteran itu. "Kekuatan hubungan antara dia, tim dan fan membuat dia sebagai pilihan yang natural. Selain kesuksesan di masa lalu, ini adalah keputusan yang mutual juga suatu proyek untuk masa depan," kata Abiteboul.

Resminya Alonso ke Renault berarti satu pintu tertutup bagi juara dunia empat kali Sebastian Vettel.

Masa depan Vettel belum jelas setelah Ferrari tak memperpanjang kontrak pebalap Jerman yang akan digantikan oleh Carlos Sainz, yang tumbuh dengan mengidolakan Alonso, pada tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler