Wabah Corona, Perombakan Aturan Balap Formula-1 Diundur Hingga 2022

Penundaan sebagai imbas pandemic virus corona atau Covid-19 yang sedang mewabah.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Maret 2020  |  03:32 WIB
Wabah Corona, Perombakan Aturan Balap Formula-1 Diundur Hingga 2022
Suasana menjelang start di Sirkuit Formula 1 Catalunya, Barcelona, Spanyol di partai terakhir balapan Formula 1 Grand Premio de Espana Pirelli - Bisnis/Arif Budisusilo

Bisnis.com, JAKARTA - Federasi Otomotif Internasional (FIA) bersama penyelenggara Formula 1 dan 10 tim yang berkompetisi sepakat menunda penetapan regulasi teknis pelaksanaan formula 1 hingga 2022. Penundaan sebagai imbas pandemic virus corona atau Covid-19 yang sedang mewabah.

Semula, penetapan ini direncanakan akan rilis pada 2021. Pada tahun ini direncanakan akan dilakukan perombakan besar-besaran regulasi terkait desain baru mobil F1. Perombakan diharapkan bisa memperketat persaingan dan memangkas jarak antar tim dalam balap mobil bergengsi tersebut.

"Karena (Covid-19) menyebabkan situasi finansial yang volatil, para tim telah sepakat untuk menggunakan sasis 2020 mereka untuk 2021, dengan potensi pembekuan dari komponen-komponen lain yang akan dibahas lebih lanjut," seperti dilansir dari Antara, Jumat (20/3/2020).

Terkait regulasi finansial yang sering menjadi perdebatan antara tim kaya dan tim bermodal rendah, menurut FIA tetap akan diberlakukan mulai 2021.

"Semua tim menyatakan dukungan mereka kepada FIA dan Formula 1 dalam upaya mereka untuk merestrukturisasi kalender 2020 di tengah perkembangan situasi global terkait COVID-19." Grand Prix Azerbaijan pada 7 Juni kemungkinan akan menjadi seri pembuka F1 musim ini setelah tujuh seri awal ditangguhkan. F1 juga telah memutuskan untuk memajukan sesi jeda musim panas, yang biasanya berlaku pada Agustus, ke Maret dan April, dengan menambah durasi dari 14 hari menjadi 21 hari.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Virus Corona

Editor : Anggara Pernando
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top