Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penyelenggaraan Formula E Ditunda Hingga Dua Bulan

Pihak Formula E dan FIA menilai kesejahteraan staf, penonton, dan seluruh tenaga kerja kejuaraan menjadi prioritas nomor satu.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 13 Maret 2020  |  18:17 WIB
Salah satu pebalap Formula E bersiap sebelum memulai balapan. - Bloomberg/Cesar Soto
Salah satu pebalap Formula E bersiap sebelum memulai balapan. - Bloomberg/Cesar Soto

Bisnis.com, JAKARTA - Pihak Formula E dan FIA mengambil keputusan untuk menunda penyelenggaraan Formula E hingga dua bulan kedepan akibat semakin meluas dan mengkhawatirkannya wabah Virus Corona, Jumat (13/3/2020).

Pihak Formula E dan FIA menilai kesejahteraan staf, penonton, dan seluruh tenaga kerja kejuaraan menjadi prioritas nomor satu.

Seri ini menerapkan sistem bendera yang biasanya digunakan dalam motorsport, untuk menentukan fase dan jendela waktu yang berbeda di mana balapan dapat diatur ulang atau tetap tidak terpengaruh. Merah membatalkan balapan, kuning menjaga peluang terbuka dan hijau berjalan sesuai rencana.

Bulan yang ditandai sebagai bendera merah adalah Maret dan April, dengan Mei saat ini dikategorikan sebagai bendera kuning dan bulan Juni dan Juli diberi bendera hijau, jika situasinya membaik dan stabil.

Sebagai konsekuensi dari penangguhan ini, tidak mungkin lagi untuk balapan di Paris dan Seoul, seperti yang diumumkan sebelumnya pada tanggal yang telah dijadwalkan.

Sedangkan Jakarta yang akan menggelar Formula E pada bulan Juni masih dalam tahap pertimbangan.

“Dengan meningkatnya jumlah kasus COVID-19 di negara-negara di mana Formula E saat ini dijadwalkan akan diadakan, kami sedang mengevaluasi rencana darurat untuk mengurangi dampak potensial dari coronavirus dan mempertahankan jumlah balapan di kalender untuk musim ke enam, "kata Alberto Longo, Co-Founder Formula E.

“Ini adalah situasi yang berubah-ubah, berkembang setiap hari dan kami tetap realistis dan fleksibel dalam pendekatan kami terhadap opsi-opsi alternatif, yang akan dikomunikasikan pada waktunya.

FIA, pihak Formula E dan otoritas lokal di setiap lokasi acara akan memonitor situasi dengan seksama dan mengevaluasi opsi untuk mengatur dan menjadwal ulang balapan setelah penundaan.

"Saat ini adalah waktu untuk mengambil tindakan yang bertanggung jawab dan inilah mengapa kami memutuskan untuk menghentikan sementara musim ini dan bergerak maju dengan memperkenalkan langkah-langkah untuk membekukan balapan agar tidak terjadi  sesuatu selama dua bulan ke depan," kata Alejandro Agag, Pendiri & Ketua Formula. E.

"Motorsport memainkan peran utama dalam kehidupan kami dan itu penting, tetapi yang lebih penting adalah kesehatan dan keselamatan staf kami, penggemar dan keluarga mereka, serta warga di kota-kota saat kami menggelar perlombaan."

"Kejuaraan Formula E ABB FIA akan kembali dengan kekuatan penuh, begitu krisis kesehatan yang sedang berlangsung dan penyebaran COVID-19 telah mereda," tambah Agag.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Formula E Championship

Sumber : Formula E

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top