Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tunggal Putra Bulu Tangkis Gagal Raih Medali di Sea Games, Ini Komentar Hendry Saputra

Sebelumnya di SEA Games 2017 di Malaysia, tunggal putra menyumbangkan satu medali emas dari Jonatan Christie dan satu medali perunggu dari Ihsan Maulana Mustofa.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 08 Desember 2019  |  22:27 WIB
Shesar Hiren Rhustavito - Badminton Indonesia
Shesar Hiren Rhustavito - Badminton Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Tunggal putra Indonesia tak bisa mengirimkan wakilnya ke babak semifinal SEA Games 2019 yang berlangsung di Muntinlupa Sports Complex, Filipina. Dua pemain yang diturunkan di nomor perorangan, Shesar Hiren Rhustavito dan Firman Abdul Kholik sama-sama harus terhenti oleh lawannya.

Shesar kalah di babak perempat final dari Loh Kean Yew (Singapura), sementara Firman terhadang Sitthikom Thammasin (Thailand) di babak pertama. Hal ini memastikan, tak ada medali yang bisa dibawa pulang dari sektor ini.

Sebelumnya di SEA Games 2017 di Malaysia, tunggal putra menyumbangkan satu medali emas dari Jonatan Christie dan satu medali perunggu dari Ihsan Maulana Mustofa.

“Hasil ini di luar prediksi saya. Saya targetnya final dan syukur-syukur bisa juara. Tapi kondisi lapangan juga kan berpengaruh di pertandingan kali ini. Dan mereka juga kalahnya sama Singapura dan Thailand. Selain itu Jonatan dan (Anthony Sinisuka) Ginting juga tidak bisa diturunkan saat ini, karena ada perhitungan lain. Jadi hasil ini harus bisa diterima,” ujar Hendry Saputra, pelatih tunggal putra Pelatnas PBSI, Minggu (8/12/2019).

Kondisi angin juga diakui Hendry menjadi salah satu kendala anak didiknya saat bertanding di lapangan. Namun tak mau sekedar beralasan, Hendry pun mengantongi sejumlah catatan evaluasi untuk Shesar dan Firman.

“Memang ada pemain yang tipenya bisa mengatasi suatu hambatan di lapangan, termasuk angin, ada yang belum bisa. Nah mereka ini belum bisa. Padahal lawan kan juga merasakan hal yang sama. Jadi memang kedepannya perlu ada latihan khusus untuk menghadapi kesukaran di lapangan supaya lebih tenang,” jelas Hendry Saputra, pelatih tunggal putra.

“Menurut saya Shesar kemarin kurang tenang saja. Jadi dia kurang bisa menggunakan struk yang tepat untuk mengatasi lawan. Ini jadi pelajaran buat mereka. Untuk SEA Games kedepannya jadi sudah tahu siapa yang akan diturunkan. Hasil ini di luar prediksi saya. Sebenarnya kalau dengan Shesar juga seharusnya sudah bisa,” ungkap Hendry lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bulutangkis Sea Games 2019

Sumber : Badminton Indonesia

Editor : Andhika Anggoro Wening
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top