Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Moeldoko : Tidak Ada Eksploitasi Anak pada Audisi Bulu Tangkis PB Djarum

Moeldoko memastikan audisi umum bulu tangkis yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Bulu Tangkis Djarum Kudus, Jawa Tengah, tidak ada eksploitasi terhadap anak.
Moeldoko menegaskan tidak ada eksploitasi anak pada audiri bulutangkis PB Djarum/Antara
Moeldoko menegaskan tidak ada eksploitasi anak pada audiri bulutangkis PB Djarum/Antara

Bisnis.com, KUDUS - Pro-kontra soal dugaan adanya eksploitasi anak pada audisi bulu tangkis di PB Djarum ditanggapi Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Moeldoko memastikan audisi umum bulu tangkis yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Bulu Tangkis Djarum, Kudus, Jawa Tengah, tidak ada eksploitasi terhadap anak.

"Selain itu, tidak ada pemanfaatan dari sisi apa pun. Justru yang terjadi di PB Djarum bagaimana mengeskploitasi kemampuan mereka untuk bisa mendapatkan juara di bidang bulu tangkis," kata Moeldoko selagi berkunjung ke PB Djarum, Kudus, Kamis (12/9/2019).

Untuk memastikan hal itu, Moeldoko mengaku sengaja melihat langsung dan mengeceknya satu per satu apakah ada eksploitasi.

Hasilnya, dia menilai memang tidak ada eksploitasi anak dalam audisi bulu tangkis ini sehingga dia meminta berbagai kalangan untuk membalik-balik apa yang sebenarnya terjadi di sana.

Menurut dia, untuk menjadi seorang juara memang tidak bisa latihan lembek-lembek, melainkan harus latihan keras dan disiplin.

"Saya juga sudah bertanya langsung kepada sejumlah atlet PB Djarum, ternyata mereka merasa senang dan bangga karena bagian dari impiannya bisa terwujud setelah bisa bergabung dengan PB Djarum," ujar Moeldoko.

Mengenai tulisan PB Djarum di kaos peserta audisi adalah rokok, Moeldoko berpandangan bahwa itu sebuah persepsi karena kenyataan saat ini banyak program yayasan untuk tujuan sosial.

Moeldoko menilai, semua kegiatan Djarum Foundation adalah bagian dari upaya pemerintah dalam mempersiapkan diri membangun talenta manajemen strategis atau telanta manajamen nasional yang saat ini disiapkan oleh KSP  dan Bappenas.

"Ternyata Djarum sudah melakukan itu. Untuk itulah kami mengirim tim untuk melakukan pengukuran untuk lebih banyak belajar di sini," kata Moeldoko.

Moeldoko menegaskan dirinya tidak membela PB Djarum, melainkan membela keinginan anak-anak menjadi juara sehingga tidak boleh dipatahkan oleh siapa pun.

Oleh karena itu, kata Moeldoko, audisi umum bulu tangkis PB Djarum tetap dilanjutkan, termasuk tahun 2020 harus tetap dilanjutkan.

Mengenai protes Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) sebelumnya, Staf Kepresidenan juga mengundangnya untuk diajak bicara dengan baik serta meluruskan definisi eksploitasi yang benar.

"Jangan membuat sesuatu yang membingungkan banyak orang," ujar Moeldoko.   

Sementara itu, Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation Yoppi Rosimin menyebut  kedatangan Moeldoko sebagai bentuk dukungan sangat besar untuk PB Djarum dan memiliki makna yang dalam sekali.

"PB Djarum siap melanjutkan pembinaan agar superior di bidang bulu tangkis," tegas dia.

Mengenai audisi umum bulu tangkis pada 2020, Yoppi menyatakan siap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler