Hasil Jepang Terbuka, Dua Ganda Putra Indonesia ke Semifinal

Indonesia menempatkan dua pasangan ganda putra di semifinal bulu tangkis Jepang Terbuka di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo sekaligus membuka kemungkinan All-Indonesian Final.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 26 Juli 2019  |  19:31 WIB
Hasil Jepang Terbuka, Dua Ganda Putra Indonesia ke Semifinal
Marcus Gideon dan Kevin Sanjaya - Dok. PBSI

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia menempatkan dua pasangan ganda putra di semifinal bulu tangkis Jepang Terbuka di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo sekaligus membuka kemungkinan All-Indonesian Final.

Dua pasang ganda putra dimaksud ialah unggulan pertama Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon dan unggulan keempat Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Mereka berhasi memetik kemenangan dalam pertandingan perempat final pada Jumat (26/7/2019).

Pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon menyelesaikan laga rubber game melawan Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia) dengan kemenangan 21-14 22-24 21-15 untuk melaju ke semifinal.

"Di gim pertama kami bermain cukup baik, di gim kedua juga sudah unggul terus, tapi kami kemudian banyak melakukan kesalahan sendiri dan lawannya tidak mudah dimatikan. Sekarang kekuatan sudah merata, jadi antisipasinya ramai," kata Kevin melalui keterangan tertulis.

Permainan agresif dan menekan yang dilakukan Chia/Soh sempat membuat Kevin/Marcus tak dapat mengendalikan keadaan hingga gim ketiga pun terpaksa dimainkan.

Kevin/Marcus langsung tancap gas di gim penentuan tersebut dan unggul jauh hingga 18-9, yang akhirnya memenangi pertandingan.

"Mereka pertahanannya bagus, tidak mudah mati. Di akhir gim kedua kami buru-buru ingin menyelesaikan, tapi kami malah membuat kesalahan sendiri. Kami lebih mengontrol lawan di gim ketiga, tidak mau cepat-cepat mematikan lagi. Kami jadi lebih sabar," kata Marcus.

Di semifinal, Kevin/Marcus akan bertemu dengan pasangan unggulan ketiga Li Junhui/Liu Yuchen (China) yang di perempat final menaklukkan ganda Jepang unggulan kelima Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dengan akor ketat 22-24 21-12 21-12.

Sebelumnya, pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan berhasil lolos ke putaran semifinal Japan Open 2019 melalui kemenangan atas Ko Sung Hyun/Shin Baek Cheol dengan skor 21-17 19-21 dan 21-19.

"Alhamdulillah kami bisa lolos ke semifinal. Pertandingan tadi tidak mudah, kami terakhir kali kalah dua gim langsung dari mereka, jadi sudah terbayang akan ramai. Ko/Shin punya pola yang bagus, drive-nya bagus, pergerakan mereka cukup merepotkan kami," kata Ahsan melalui keterangan tertulis.

Sebelumnya, Hendra/Ahsan dikalahkan pasangan dari Korea Selatan itu pada pertemuan di Australia Terbuka 2019 dengan skor 15-21 15-21.

"Dari awal kami sudah ada gambaran cara main mereka bagaimana, mereka tenaganya kencang, tekanan pukulannya kuat, gerakannya juga cepat. Di poin kritis tadi kami coba untuk fokus saja," tutur Hendra.

Di semifinal, Hendra/Ahsan jumpa ganda Jepang Takeshi Kamura/Keigo Sonoda, unggulan kedua, yang di perempat final menang atas pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Chandrashekhar Shetty dua set langsung 21-19 21-18.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bulutangkis, jepang terbuka

Sumber : BWF.tournamentsoftware.com, BadmintonIndonesia.org, & Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top