Gelar MotoGP 2021, Sirkuit Mandalika Rampung 2020

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah memastikan seluruh infrastruktur untuk olahraga balap Internasional Moto GP 2021 yang digelar di Mandalika akan rampung tahun depan sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 16 Juli 2019  |  21:55 WIB
Loading the player ...
Profil Sirkuit Mandalika dari akun Youtube Lombok NTB
Bisnis.comJAKARTA - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah memastikan seluruh infrastruktur untuk olahraga balap Internasional Moto GP 2021 yang digelar di Mandalika akan rampung tahun depan sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi.
 
Dia mengaku bangga jika Indonesia bisa menjadi tuan rumah Moto GP 2021 mendatang. Menurut Zulkieflimansyah, Mandalika akan jadi kawasan pariwisata prioritas di NTB menyusul adanya event olahraga Internasional Moto GP 2021 mendatang.
 
Dia sendiri mengaku sempat dipanggil Presiden Jokowi dalam rapat terbatas untuk membahas pengembangan destinasi pariwisata prioritas. 
 
"Jadi pembahasan rapat adalah untuk membahas kawasan pariwisata prioritas di NTB, yakni di Mandalika. Ini sebabkan kawasan Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk Moto GP pada tahun 2021 dan Pak Jokowi memastikaninfrastruktur tahun depan akan selesai semua," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (16/7/2019).
 
Zulkieflimansyah mengakui ada sejumlah kendala yang dihadapi untuk persiapan Indonesia menjadi tuan rumah pada Moto GP 2021 tersebut, seperti kendala pengadaan tanah. Namun, dia mengaku kendala tersebut sudah bisa teratasi karena dia sudah mensosialisasikan ke masyarakat terkait Undang-Undang (UU) No 2 tahun 2012, tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum.
 
"Saya akui memang masih ada sedikit kesulitan dari pengadaan tanah tapi ini masih dalam kendali dan bisa kami atasi. Apa yang kami dirikan adalah untuk kepentingan umum maka harga tanah harus sesuai dengan harga pasar jadi tidak boleh terlalu tinggi diatas pasar," katanya.
 
Dia juga memastikan Oktober 2019, pihaknya akan memulai proses pembangunan sirkuit di Mandalika Lombok, NTB. Dia berencana membangun sirkuit yang tidak kalah seperti sirkuit di negara Singapura karena dari sisi pendanaan, mendapat tambahan dari Kementerian Keuangan.
 
Seperti diketahui, Kementerian Keuangan telah mengalokasikan Rp6,5 triliun untuk pengembangan 4 destinasi wisata yaitu Danau Toba, Borobudur, Labuan Bajo dan Mandalika. Selain itu, Menteri Pariwisata, Arif Yahya juga sedang mengusahakan Direct Flight dari Darwin Australia langsung ke Lombok.
 
"Sirkuit di Mandalika nanti tidak seperti sirkuit pada umumnya, jadi kami akan mendesain jalan raya untuk dijadikan sirkuit seperti di Singapura," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
MotoGP, KEK Mandalika

Editor : Sholahuddin Al Ayyubi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top