Sempat Derita Kanker, Lee Chong Wei Akhirnya Putuskan Gantung Raket

Keputusan untuk pensiun didasari oleh pernyataan dokter-dokternya bahwa tubuh atlet berusia 36 tahun itu tak kuat lagi untuk melakukan latihan intensif.
Annisa Margrit
Annisa Margrit - Bisnis.com 13 Juni 2019  |  15:34 WIB
Sempat Derita Kanker, Lee Chong Wei Akhirnya Putuskan Gantung Raket
Pebulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei menangis ketika mengumumkan keputusannya gantung raket dalam konferensi pers di Putrajaya, Malaysia, Kamis (13/6/2019). - Reuters/Lai Seng Sin

Bisnis.com, JAKARTA -- Pebulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei mengumumkan keputusannya untuk gantung raket karena masalah kesehatan, Kamis (13/6/2019).

Lee didiagnosis menderita kanker hidung stadium awal pada akhir 2018. Keputusan untuk pensiun didasari oleh pernyataan dokter-dokternya bahwa tubuh atlet berusia 36 tahun itu tak kuat lagi untuk melakukan latihan intensif.

"Ini adalah keputusan yang sangat berat untuk saya karena saya sangat mencintai olah raga ini, tapi hal yang terpenting sekarang adalah kesehatan saya," tutur Lee dalam konferensi pers di Kuala Lumpur, Malaysia seperti dilansir Reuters.

Meski dia tak bisa lagi mengikuti kompetisi badminton, tapi atlet senior tersebut akan tetap menjadi chef de mission untuk kontingen Malaysia dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Walaupun tampak sangat sedih dan menangis dalam konferensi pers itu, tapi Lee mengaku menantikan kehidupan setelah pensiun dan berencana berbulan madu dengan istrinya, Wong Mew Choo--yang juga mantan pebulu tangkis dunia asal Malaysia.

"Karir saya seperti rollercoaster, naik turun. Saya rasa sekarang waktunya untuk beristirahat, membawa istri untuk berlibur," ujarnya.

Lee sempat beristirahat dari kompetisi untuk melakukan pengobatan pada September 2018. Pada Januari 2019, mantan pebulu tangkis nomor satu dunia itu kembali berlatih demi bisa mengikuti Olimpiade tahun depan.

Sayangnya, ternyata dia tidak dapat kembali bertanding profesional dan rankingnya jatuh ke peringkat 191 dunia. Hal ini menghapus impian Lee untuk bisa berlaga di Olimpiade 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bulu tangkis

Sumber : Reuters

Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top