Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jenson Button Cetak Rekor Di Sirkuit Panorama Pakai Honda Civic R

Honda Australia mencetak sejarah di sirkuit balap Mount Panorama, Bathrust, dengan meraih rekor lap time baru untuk mobil berpenggerak roda depan (FWD) di trek ikonik tersebut.
Jenson Button yang juga menjadi brand ambassador Honda, memegang rekor lap time di Sirkuit Mount Panorama dengan catatan waktu 1:48,8 menit. /Honda
Jenson Button yang juga menjadi brand ambassador Honda, memegang rekor lap time di Sirkuit Mount Panorama dengan catatan waktu 1:48,8 menit. /Honda

Bisnis.com, JAKARTA - Honda Australia mencetak sejarah di sirkuit balap Mount Panorama, Bathrust, dengan meraih rekor lap time baru untuk mobil berpenggerak roda depan (FWD) Civic Type R di trek ikonik tersebut.

Dikendarai oleh Jenson Button yang pernah menjadi juara dunia Formula One 2009, Super GT Series 2018, Civic Type R yang memiliki spesifikasi standar pabrikan berhasil mencetak waktu 2 menit 35,207 detik (2:35,207).

Stephen Collins, Direktur Honda Australia, mengatakan bahwa Sirkuit Mount Panorama memiliki keunikan sebagai salah satu sirkuit balap Australia.

"Menjadi suatu keistimewaan bagi tim Honda Australia untuk mengikuti tantangan time attack di sirkuit ini bersama Civic Type R, terutama dengan Jenson dibalik kemudi,” ujarnya dalam pernyataan resmi yang diterima Bisnis, Jumat (10/5/2019).

Mount Panorama telah dikenal sebagai tempat perhelatan balap motor Bathrust 1000 setiap Oktober. Trek tersebut sangat menantang bagi setiap pengendara, yang sebenarnya adalah sirkuit jalanan karena biasa digunakan sebagai jalan umum selama 350 hari setahun saat tidak ada balapan yang digelar.

Sirkuit Mount Panorama memiliki panjang 6.213 km dengan 23 tikungan dan selisih 174 meter dari titik terendah hingga tertinggi, serta tingkat kecuraman 1:6 atau lebih dari 16%.

Sebelumnya, Jenson Button yang juga menjadi brand ambassador Honda, memegang rekor lap time di Sirkuit Mount Panorama dengan catatan waktu 1:48,8 menit menggunakan mobil F1 di ajang Australia Grand Prix 2011 lalu. Kini dia kembali dipilih sebagai pembalap yang memecahkan rekor lap time Civic Type R di tempat yang sama.

Ajang time attack di Bathrust terinspirasi dari kompetisi “Type R Challenge 2018”, yang mana tim Honda yang terdiri dari lima pebalap masing-masing memecahkan rekor lap time menggunakan Honda Civic Type R berspesifikasi standar pada berbagai trek legendaris Eropa. Rekor tersebut memecahkan rekor kecepatan yang sebelumnya dipegang oleh Civic Type R generasi terdahulu.

Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-50, Honda Australia mengangkat konsep serupa untuk membuktikan performa Civic Type R di sirkuit balap. Ini adalah pertama kalinya Type R Challenge diadakan diluar wilayah Eropa dan sirkuit Mount Panorama adalah salah satu trek yang dinilai cocok untuk menguji kemampuan generasi terbaru Civic Type R.

Jenson Button dipilih sebagai salah satu dari lima pebalap yang sebelumnya mengikuti Type R Challenge 2018 di Eropa, dengan mencetak lap time 2:10,19 menit di Sirkuit Hungaroring Grand Prix di Hungaria. Dia juga memecahkan rekor dari lap time sebelumnya di lokasi yang sama saat memenangkan kejuaraan F1 Grand Prix pertamanya bersama tim Honda pada 2006.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler