Ditinggal Liliyana, Tontowi Harus Cepat Beradaptasi dengan Winny

Ditinggal Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad Harus Cepat Beradaptasi dengan Winny
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 13 Februari 2019  |  05:28 WIB
Ditinggal Liliyana, Tontowi Harus Cepat Beradaptasi dengan Winny
Tontowi Ahmad saat masih berpasangan dengan Liliyana Natsir - Badminton Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA -- Setelah ditinggal oleh Liliyana Natsir, pebulu tangkis ganda campuran Tontowi Ahmad harus beradaptasi dengan pasangan baru.

Akhir tahun lalu, tepatnya di Hongkong Open 2018, Owi mulai ditandemkan dengan Della Destiara Haris. Apes, pasangan tersebut langsung tersisih di babak 32 besar.

Pada Januari 2019, giliran Debby Susanto yang diuji coba dengan Owi di Malaysia Masters. Hasilnya, duet anyar tersebut tersingkir di babak 16 besar.

Sesudah dari Malaysia, Owi kembali berpasangan dengan Liliyana untuk laga penutup karir di Indonesia Masters 2019. Walau sempat berpisah beberapa bulan, performa Owi dan Liliyana terlihat masih seperti masa jaya.

Sayang, laga pamungkas bekas juara dunia tersebut tidak berakhir manis. Di final, Owi dan Butet, sapaan Liliyana, kalah dari ganda campuran China, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Meskipun sudah tidak lagi bertanding, pasangan Owi/Butet masih bercokol dalam daftar peringkat BWF World Rankings. Ke depan, tidak ada penambahan angka tentu saja, tetapi poin akan terus terpangkas seiring dengan penghapusan poin setelah satu tahun.

Dalam pengumuman terbaru BWF World Rankings pekan ketujuh, Selasa (12/2/2019) hari ini, Owi/Butet bercokol di peringkat empat dunia dengan 72.470 poin. Angka tersebut akan berkurang pada pekan ke-11 atau Maret 2019 mengingat tahun lalu Owi/Butet tampil di All England 2018.

Selain bersama Butet, nama Owi masih tercantum dalam daftar pemeringkatan nomor ganda campuran dengan pasangan berbeda. Bersama Debby Susanto, dia menduduki peringkat 280 dunia atau naik sembilan setrip dari minggu lalu. Nilai 3.600 poin tak lain adalah hasil dari laga di Malaysia Masters 2019.

Sementara itu, bersama dengan Della Haris, dia menempati nomor 396 dunia atau melesat sembilan peringkat dari pekan lalu. Sebanyak 2.200 poin yang diperoleh Owi/Della pun adalah hasil dari Hongkon Open 2018.

Kenaikan peringkat dimungkinkan dengan adanya pengurangan poin dari pasangan di atasnya. Meski tidak bertanding, kenaikan masih bisa terjadi andai pemain peringkat atas terus terpangkas poinnya.

Bagi seorang peraih medali emas Olimpiade seperti Owi, tentu saja bercokol di peringkat ratusan bukan habitat sebenarnya. Apalagi, kecil kemungkinan pria kelahiran Banyumas itu berpasangan dengan Debby dan Della.

Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah menetapkan Owi berduet dengan Winny Oktavina Kandow. Tandem baru tersebut telah didaftarkan ke German Open 2019 yang digelar pada 26 Februari-3 Maret.

German Open berstatus BWF World Tour Super 300. Bila berhasil menjuarai turnamen, Owi/Winny bisa langsung mendapatkan 7.000, angka yang cukup untuk tembus 200 besar dunia.

Sebagai seorang pemain senior, Owi diharapkan bisa membimbing Winny agar keduanya meraih kesuksesan. Dengan demikian, nomor ganda campuran tetap menjadi andalan seperti tahun-tahun yang lewat.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
bulutangkis

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top