Persiapan Tekun Olimpiade 2020 Tokyo Menuai Pujian IOC

Persiapan yang tekun panitia Olimpiade 2020 dan Paralympic Games bisa dijadikan contoh calon tuan rumah pada masa mendatang,
Newswire | 29 November 2018 19:44 WIB
Persiapan Olimpiade 2020 di Tokyo. - Reuters/Yuya Shino

Bisnis.com, TOKYO – Persiapan yang tekun panitia Olimpiade 2020 dan Paralympic Games bisa dijadikan contoh calon tuan rumah pada masa mendatang, demikian menurut Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach.

Bach yang berbicara di hadapan peserta Sidang Umum Asosiasi Komite Olimpiade Nasional (ANOC), menyampaikan pujian kepada tuan rumah atas presentasi yang telah mereka sampaikan.

"Semuanya, ada solusi dan ada solusi yang sedang berjalan. Fasilitas sudah siap atau akan siap pada waktunya. Anda akan mengikuti sebuah test event hebat tahun depan," ungkapnya di Tokyo pada Kamis (29/11/2018).

"Tokyo adalah contoh yang baik bagi persiapan yang tekun menghadapi Olimpiade dan saya ingin menyampaikan terima kasih dan selamat kepada rekan-rekan kami dari panitia Olimpiade Tokyo sekali lagi," ujar Bach.

Selama kunjungan ke Jepang pekan ini, termasuk perjalanan ke Fukushima bersama Perdana Menteri Shinzo Abe, markas dan arena pertandingan Olimpiade Tokyo 2020, Bach juga menyampaikan pujian kepada panitia pesta olahraga terbesar di dunia yang akan digelar pada Juli 2020 itu.

Dibayangi keprihatinan terhadap minimnya minat untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin 2006, skandal doping di Rusia, serta pemilihan ketua federasi tinju amatir yang kontroversial, Bach mengaku sangat puas dengan stabilitas yang diperlihatkan Tokyo.

Selama presentasi di hadapan peserta sidang umum, Ketua Panitia Olimpiade Tokyo 2020 Toshiro Muto menyatakan bahwa fokus pada "warisan" yang akan ditinggalkan pesta olahraga 4 tahunan itu.

"Olimpiade Tokyo 1964 telah mengubah kota dengan adanya infrastruktur baru seperti shinkanzen (kereta peluru) dan jaringan kereta metropolitan yang ikut mendorong pertumbuhan ekonomi di Jepang," tuturnya.

"Olimpiade Tokyo 2020 akan dikenang sepanjang masa sebagai sebuah katalis transformasi sosial terbesar untuk Tokyo dan Jepang di masa sekarang ini," ucap Muto.

Sumber : Antara/Reuters

Tag : olimpiade, Olimpiade 2020
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top