MotoGP Jerez, Petrucci Puncaki Hari Pertama Tes Pramusim

Danilo Petrucci (Ducati Team) memuncaki catatan waktu pembalap dengan 1 menit 37,968 detik pada hari pertama tes pramusim MotoGP di Jerez, Spanyol.
Newswire | 29 November 2018 13:16 WIB
Danilo Petrucci - Reuters/Gonzalo Fuentes

Bisnis.com, JAKARTA – Danilo Petrucci (Ducati Team) memuncaki catatan waktu pembalap dengan 1 menit 37,968 detik pada hari pertama tes pramusim MotoGP di Jerez, Spanyol, Rabu (28/11/2018) tengah malam WIB.

Petrucci menyelesaikan 53 lap pada hari pertama yang cerah itu dan menjadi satu-satunya pembalap yang memiliki catatan waktu di bawah 1:38, demikian MotoGP.com.

Rekan satu tim Petrucci, Andrea Dovizioso berada di peringkat dua dengan selisih 0,217 detik.

Petrucci dan Dovi disediakan motor spesifikasi 2018 dan 2019 pada hari pertama tes di Jerez, namun menurut manajer tim Davide Tardozzi kedua pembalap langsung menunggangi motor Desmosedici 2019 hari itu.

Dovi sempat terjatuh di tikungan 5 di putaran terakhir waktu tes. Pembalap asal Italia itu tidak mengalami cedera dan berhasil melahap 53 putaran untuk menguji elektronik, sasis dan mesin Ducati pada hari itu.

Alvaro Bautista, yang menggantikan pembalap uji Michele Pirro untuk Ducati, juga menjajal motor 2019, dan menjadi pembalap tercepat di peringkat sembilan.

Takaaki Nakagami (P3) menjadi pembalap tercepat Honda di hari pertama setelah menyelesaikan 66 putaran dengan motor RC213V 2018, motor yang sama digunakan oleh Cal Crutchlow (LCR HOnda Castrol) musim lalu.

Sementara juara dunia 2018 Marc Marquez (Repsol Honda) menjadi pembalap Honda tercepat kedua di P5.

Tim Manajer Alberto Puig mengatakan mereka menguji motor yang sama digunakan di tes Valencia, namun dengan kombinasi suku cadang untuk mendapatkan setingan yang pas sebelum dibawa ke Jepang.

Marquez yang juga menguji paket aerodinamika baru Honda menyelesaikan 50 lap. Sementara itu rekan satu tim, Jorge Lorenzo finis P7 setelah melahap 56 lap.

Tim Yamaha melanjutkan pengembangan mesin mereka di Jerez. Maverick Vinales (Yamaha Factory Racing) yang menyelesaikan 58 lap finis di P4.

Pembalap asal Spanyol itu mengatakan ia dan tim berusaha memperbaiki kecepatan motor tapi belum yakin dengan dua spesifikasi mesin berbeda yang mereka uji hari itu.

Valentino Rossi menyelesaikan 50 dan finis P17 setelah dia mengalami masalah teknis dengan motor M1 yang dikendarainya.

Pembalap rookie Joan Mir (Suzuki Ecstar) menjadi pembalap Suzuki tercepat di P10. Juara dunia Moto3 2017 itu sempat terjatuh di tikungan 7.

Pembalap asal Spanyol itu tidak mengalami cedera dan kembali turun di tes untuk memperbaiki catatan waktunya menjadi 1 menit 38,956 detik.

Sementara rekan satu tim Mir, Alex Rins, bersama pembalap penguji Sylvian Guintoli, mencoba banyak suku cadang pada hari itu.

Mesin baru GSX-RR, yang lebih kuat dari mesin musim lalu, dan sasis menjadi fokus tes Suzuki.

Manajer Tim Davide Brivio mengatakan Rins menggunakan sasis alumunium, sementara Guintoli menguji sasis berbasis karbon. Suzuki juga memiliki rencana untuk membuat sasis alumunium yang sama kokohnya seperti sasis karbon.

Rins menyelesaikan 87 lap dengan waktu tercepat di P13 sementara Guintoli di P22.

Tim Red Bull KTM Factory Racing, dengan Pol Espargaro (P15) dan Johann Zarco (P19) kali ini fokus mengembangkan girbok seamless, suku cadang sasis, paket aerodinamika, mesin yang sedikit berbeda dan menguji IMU.

Sementara tim independen Red Bull KTM Tech 3 menguji motor 2018 dengan Hafizh Syahrin (P21) dan Miguel Oliveria (P23).

Pembalap Aprilia Andrea Iannone menyelesaikan 24 lap untuk mencatatkan waktu terbaik di P11. Aleix Espargaro tidak turun di latihan hari pertama karena sakit.

Pembalap uji Aprilia, Bradley Smith, melakukan 69 lap dengan motor Espargaro yang menggunakan mesin spesifikasi baru untuk fokus di distribusi tenaga dan torsi.

Kedua pembalap Aprilia memiliki dua sasis untuk diuji pada hari itu.

Sumber : Antara

Tag : motogp
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top