Tes Pramusim F1, Pembalap Baru Ferrari Bikin Kejutan

Pembalap baru Ferrari Charles Leclerc membuat kejutan dengan menjadi yang tercepat pada hari kedua tes pramusim Formula 1 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Kamis (29/11/2018) dini hari untuk menguji ban Pirelli.
Newswire | 29 November 2018 11:40 WIB
Charles Leclerc - Medium

Bisnis.com, JAKARTA – Pembalap baru Ferrari Charles Leclerc membuat kejutan dengan menjadi yang tercepat pada hari kedua tes pramusim Formula 1 di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB untuk menguji ban Pirelli.

Leclerc yang turun pertama kali untuk Ferrari, setelah menggantikan Kimi Raikkonen yang pindah ke Sauber, mencetak waktu tercepat 1 menit 36,450 detik, demikian Formula1.com.

"Tentunya ini hari yang sangat emosional, karena ini adalah hari yang telah saya tunggu sekian lama dan saya tidak menyangka hari ini akan datang," ungkap Leclerc.

"Tapi hari ini menjadi kenyataan dan saya sangat senang. Saya juga sangat puas dengan hasil kerja kami hari ini," tuturnya.

Leclerc diumumkan menjadi pembalap Ferrari pada September ketika dia melakukan tes ban Pirelli di sirkuit Paul Richard, Prancis.

Ini merupakan pertama kalinya bagi Leclrec untuk menguji mobil SF71H Ferrari setelah resmi menjadi pembalap Ferrari.

"Tentunya sangat spesial, masuk ke dalam mobil dan mengetahui bahwa ini akan menjadi tim saya musim depan," kata Leclerc.

"Saya harus terus belajar dan fokus di area yang saya belum kuasai. Saya akan terus belajar dari semua orang di tim dan juga dari rekan satu tim saya."

Salah satu hal yang menarik adalah catatan waktu Leclerc lebih cepat 0,4 detik dari rekan satu timnya, Sebastian Vettel, yang turun di hari pertama tes dengan menggunakan ban yang sama.

Pierre Gasly yang tampil pertama kali bersama Red Bull berada di peringkat dua tercepat dengan 1 menit 37,916 detik menggunakan ban baru hypersoft 2019, lebih cepat 0,031 detik dari catatan waktu rekan satu timnya, Max Verstappen pada hari sebelumnya yang menggunakan ban ultrasoft.

Lance Stroll (Force India) finis P3 dengan selisih 0,1 detik dari Gasly.

Carlos Sainz turun pertama kali bersama McLaren dan menyelesaikan 150 lap hari itu. Pembalap Spanyol itu memiliki waktu tercepat kelima, lebih lambat 0,099 detik dari Valtteri Bottas (Mercedes) di P4.

Daniel Ricciardo tidak bisa turun untuk menguji mobil Renault dan digantikan Artem Markelov yang finis di belakang Sainz.

Pada saat sejumlah pembalap melakoni debut bersama tim barunya, Daniil Kvyat sudah tidak asing dengan mobil Toro Rosso miliknya dan melahap 155 lap hari itu untuk finis p8 dengan selish 2,5 detik dari puncak.

Haas menjadi satu-satunya tim yang tidak menurunkan pembalap intinya hari itu. Mereka menurunkan Louis Deletraz untuk menggantikan Pietro Fittipaldi di hari kedua tes.

Di hari pertamanya menjajal mesin F1, Deletraz mengaku cukup menikmati dan menghabiskan 117 lap setelah tim itu kehilangan waktu empat jam karena masalah power-unit pada tes hari pertama.

 

Williams bergantian menurunkan pembalapnya. Robert Kubica melakoni tes di bagian pertama sebanyak 39 putaran sebelum menyerahkan mobilnya untuk diuji George Russel di siang harinya. Russel menambah 55 lap untuk Williams hari itu.

Sumber : Antara

Tag : f1
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top