224 Pembalap dari 26 Negara Ambil Bagian Tour de Singkarak

Sebanyak 224 pembalap dari 26 negara yang tergabung dalam 21 tim ambil bagian dalam event balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2018.
Heri Faisal | 04 November 2018 22:02 WIB
Tour de Singkarak 2016 - Antara/Hafidz Mubarak

Bisnis.com, PADANG – Sebanyak 224 pembalap dari 26 negara yang tergabung dalam 21 tim ambil bagian dalam event balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2018.

Para pembalap tersebut bakal melahap rute sepanjang 1.267 km selama sepekan ke depan, yang dibagi dalam delapan etape melintasi 16 kabupaten dan kota di Sumatra Barat.

“Kepada para pembalap selamat mengikuti lomba yang pada stage 1 ini akan menuju Sijunjung,” ujar Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias saat melepas etape pertama TdS 2018 di Bukittinggi pada Minggu (4/11/2018).

Etape pertama dari Bukittinggi ke Kabupaten Sijunjung sepanjang 122,7 km. Para pembalap terlebih dahulu mengelilingi beberapa titik di Kota Bukittinggi, sebelum melewati Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar untuk tiba di Sijunjung.

Pembalap dietape pertama akan disuguhi pemandangan indah Bukittinggi yang diapit dua gunung yaitu Gunung Marapi dan Gunung Singgalang, kemudian melewati Biaro, Baso, Batusangkar yang indah, hingga ke Muara Sijunjung.

Adapun, dari 21 tim yang berlaga dalam balapan kali ini, sebanyak 16 tim merupakan tim mancanegara dan lima tim dalam negeri.

Tim dalam negeri itu antara lain Advance CCC, KFC Racing Team, PGN Cycling Team, BRCC, dan Padang Road Bike Bank Nagari.

Selanjutnya, etape kedua akan mengambil start dari Kota Sawahlunto melewati Kabupaten Sijunjung dan finis di Kabupaten Dharmasraya. Kemudian, etape ketiga start dari Kota Solok melewati Kabupaten Solok dan finis di Kabupaten Tanah Datar.

Etape keempat dari Kota Padang melewati Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, dan finis di Kabupaten Agam.

Selanjutnya etape lima, memulai balapan dari Kabupaten Limapuluh Kota, melewati Kota Payakumbuh, Kota Bukittinggi, dan finis di Kabupaten Pasaman.

Etape keenam dimulai dari Kota Solok, melewati Kabupaten Tanah Datar, dan finis di Kota Payakumbuh.

Lalu etape ketujuh start dari Kota Padang Panjang, dengan melewati Kabupaten Tanah Datar, Kota Solok, Kabupaten Solok, dan finis di Kabupaten Solok Selatan.

Terakhir, etape kedelapan dari Kabupaten Pesisir Selatan, melewati Kota Padang, Kabupaten Padang Pariaman, dan finis di Kota Pariaman.

Tag : tour de singkarak, balap sepeda
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top