Anthony Ginting akhirnya Masuk Top 8 BWF World Rankings

Pemain bulu tangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, akhirnya menembus kasta Top 8 tunggal putra terbaik dunia.
Samdysara Saragih | 25 Oktober 2018 18:18 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Pemain bulu tangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, akhirnya menembus kasta Top 8 tunggal putra terbaik dunia.

Capaian perdana dalam karir pemain asal Cimahi itu tercatat pada BWF World Rankings yang diumumkan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Kamis (25/10/2018) hari ini. Ginting bertenger di peringkat delapan dunia dengan mengumpulkan 63.325 poin.

Walaupun pekan lalu tersingkir di babak 32 besar Denmark Open 2018, hasil buruk itu tidak menghalangi kenaikan satu setrip posisi Ginting. Pasalnya, penaikan lebih disebabkan oleh penurunan poin pemain peringkat delapan pekan lalu, Son Wan Ho.

Sebagai semifinalis Denmark Open 2017, Son gagal mengulangi prestasi tersebut setahun berselang. Dia hanya mencapai perempatfinal kala bermain di Odense tahun ini.

Alhasil, sebanyak 7.700 poin dari Denmark Open 2017 yang hilang hanya mampu dikompensasi dengan 6.050 poin dari Denmark Open 2018. Penurunan lebih dari 1.500 poin itu membuat akumulasi 62.582 poinnya mampu disalip oleh Ginting.

Bagi Ginting, posisi Top 8 menjadi pintu masuk ke jajaran elit tunggal putra bulu tangkis dunia. Selain itu, strata delapan besar memungkinkan dirinya berstatus unggulan ketika pengundian turnamen. Alhasil, kesempatan bertemu dengan pemain-pemain top tidak terjadi di babak-babak awal.

Berbanding terbalik dengan Ginting, tunggal putra Jonatan Christie terperosok satu peringkat ke posisi 14 dunia. Sementara itu, Tommy Sugiarto stagnan di peringkat 11 dunia yang didudukinya sejak pekan lalu.

Pemuncak BWF World Rankings nomor tunggal putra masih ditempati oleh pebulu tangkis asal Jepang, Kento Momota. Konsistensi juara dunia 2018 tersebut dalam berbagai turnamen, termasuk menjadi jawara Denmark Open 2018, membuat dirinya mempertahankan peringkat pertama.

Selisih poin Momota dengan Shi Yuqi di peringkat dua juga terus bertambah karena pemain China ini tidak menunjukkan performa menjanjikan setelah Asian Games 2018. Sementara itu, tunggal putra Taiwan Chou Tien Chen mengkudeta Viktor Axelsen di peringkat tiga.

Setelah empat pemain itu, jajaran Top 8 berikutnya adalah Chen Long, Kidambi Srikanth, Lee Chong Wei, dan Ginting.

Tag : bulu tangkis
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top