Asian Para Games Momentum Siapkan Fasilitas Ramah Difabel

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan Asian Para Games 2018 merupakan momentum yang tepat bagi kota-kota di Indonesia menyiapkan fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas atau difabel.
Yodie Hardiyan | 13 Oktober 2018 14:25 WIB
Sprinter Indonesia Sapto Yogo Purnomo (tengah) berlari dalam final 100 meter putra T37 Asian Para Games di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (9/10/2018). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, BOGOR - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan Asian Para Games 2018 merupakan momentum yang tepat bagi kota-kota di Indonesia menyiapkan fasilitas yang ramah bagi penyandang disabilitas atau difabel.

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden seusai acara penyerahan bonus bagi atlet Indonesia yang meraih medali di Asian Para Games 2018 di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/10/2018).

"Ini momentum untuk semua kota menyiapkan fasilitas-fasilitas yang ramah terhadap difabel," kata Presiden.

Kendati demikian, Jokowi menyatakan sejumlah kota di Indonesia sudah membangun fasilitas seperti trotoar, gedung sampai moda transportasi untuk kelompok difabel.

Seperti diketahui, Asian Para Games 2018 merupakan kompetisi olahraga bagi atlet-atlet yang merupakan penyandang disabilitas di Asia.

Acara ini menunjukkan bahwa para penyandang disabilitas juga dapat berprestasi. Di sisi lain, acara ini juga mengingatkan bahwa masih banyak ruang publik yang belum ramah terhadap kelompok difabel.

Tag : difabel, asian games 2018
Editor : Nancy Junita
Top