Gusur Denmark, Bulu Tangkis Indonesia Nomor 3 di Dunia

Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF menahbiskan Indonesia sebagai kekuatan olah raga tepok bulu nomor tiga di dunia.
Samdysara Saragih | 12 Oktober 2018 13:49 WIB
BWF World Team Rankings - www.bwfbadminton.com

Bisnis.com, JAKARTA – Federasi Bulu Tangkis Dunia atau BWF menahbiskan Indonesia sebagai kekuatan olah raga tepok bulu nomor tiga di dunia.

Posisi tersebut tercantum dalam BWF World Team Rankings perl 4 Oktober 2018, tetapi baru diumumkan pada pekan ini. Dibandingkan dengan pemeringkatan tiga bulan sebelumnya, Indonesia naik satu peringkat atau menggusur Denmark.

Indonesia mengoleksi 8.900 poin atau berselisih 2.500 poin dari Jepang yang berada di urutan pertama. Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh China yang memiliki 200 poin lebih rendah dari Jepang.

BWF World Team Rankings menggambarkan kekuatan bulu tangkis sebuah negara di percaturan dunia yang diumumkan setiap tiga bulan sekali atau per kuartal.

Pemeringkatan tersebut berbasis rangking pemain terbaik sebuah negara dalam BWF World Rankings dan keberhasilan di turnaman tim yakni Piala Thomas, Piala Uber, dan Piala Sudirman.

Penilaian dari pemain diambil berdasarkan rangking terakhir. Pada pemeringkatan 4 Oktober ini, rangking pemain dihitung berdasarkan BWF World Rankings pekan ke-40.

Sebagaimana diketahui, Indonesia memiliki Kevin Sanjaya/Marcus Fernaldi Gideon sebagai peringkat pertama nomor ganda putra dunia. Adapun, peringkat terbaik tunggal putra adalah Anthony Sinisuka Ginting (9), sedangkan tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung (18).

Selanjutnya, ganda putri terbaik Merah Putih adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu (4), dan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir (3).

Untuk prestasi tim, Indonesia menjadi semifinalis Piala Thomas dan perempatfinalis Piala Uber. Adapun, Piala Sudirman tidak digelar tahun ini sehingga tidak masuk dalam kalkulasi BWF World Team Rankings.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pbsi, bulu tangkis

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top