Asian Para Games 2018: Medalinya Unik, Ada Ininya Lho..

Direktur Sport Inapgoc, Fanny Irawan mengatakan bahwa medali Asian Para Games ke tiga adalah medali bersejarah di mana ada keunikan tersendiri yang hadir bersamanya.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 05 Oktober 2018 17:32 WIB
Medali Asian Para Games 2018 - Bisnis.com/Faiza

Bisnis.com, JAKARTA - Panitia Pelaksana Asian Para Games 2018 (Inapgoc) resmi memperkenalkan medali yang akan diperebutkan oleh para Inspirasi pada pekan olahraga disabilitas terbesar se Asia pada 6-13 Oktober 2018.

Direktur Sport Inapgoc, Fanny Irawan mengatakan bahwa medali Asian Para Games ke tiga adalah medali bersejarah di mana ada keunikan tersendiri yang hadir bersamanya.

Dari segi bahan, medali Asian Para Games 2018 terbuat dari besi yang dilapisi emas, perak dan perunggu dengan teknik semprot.

Menariknya, didalam setiap medali ada bola-bola kecil yang akan menghasilkan suara apabila medali tersebut digoyang.

"Medali emas berisikan 26 bola kecil, perak 20 dan perunggu 16," papar Direktur Sport Inapgoc, Fanny Irawan dalam acara jumpa media tentang klasifikasi dan medali Asian Para Games 2018 di GBK Arena Lantai 2, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (5/10/2018).

Medali ini terinspirasi dari medali perunggu yang diperoleh oleh Ni Nengah Widiasih--atlet para angkat besi--di Paralimpiade Rio 2016 dan atas permintaan CEO Asian Paralimpyc Committe, Tarek Souei yang mengharapkan agar medali Asian Para Games ke 3 dapat menghasilkan suara.

Desain ukiran medali dirancang oleh Wakil Sekretaris Jenderal Inapgoc, Ferry Kono di mana pada bagian depan medali ada logo Asian Para Games 2018, serta tulisan slogan "The Inspiring Spirit and Energy Of Asia". 

Pasa bagian belakangnya, ada logo Asian Paralympic Committee (APC) dilengkapi dengan huruf braille yang diperuntukkan bagi para inspirasi penyandang tuna netra untuk mengetahui medali apa yang mereka raih.

"Pembuatannya sendiri tidak terlalu lama, sekitar 4 bulan. Kami membuatnya di Guangzhou, China," ungkap Fanny.

Demi mewujudkan medali unik ini, pihak Inapgoc harus rela pergi ke Bali, yakni tanah kelahiran Ni Nengah demi mencontoh suara medali dari medali perunggu Paralimpiade Rio 2016 yang didapatkannya.

"Kebetulan atlet powerlifting [para angkat besi] kita [Indonesia], Ni Nengah Widiasih, pernah meraih medali perunggu Paralimpiade Rio 2016. Kami [Inapgoc] ambil contoh dari medali milik Ni Nengah. Kami sampai harus ambil dulu ke Bali [daerah asal Ni Nengah untuk mencontoh bunyi medalinya]," kata Fanny.

Atlet peraih medali nantinya juga akan mendapatkan boneka maskot Asian Para Games ke 3, Momo yang berisikan power bank dan USB.

Medali Asian Para Games ke 3 akan diperebutkan oleh 2.762 atlet pada 512 nomor pertandingan, dari 18 cabang olahraga yang dipertandingkan di antaranya, para angkat besi, para atletik, para renang, basket kursi roda dan sebagainya.

Tag : Asian Para Games
Editor : Andhika Anggoro Wening
Top