Persiapan Asian Para Games 2018, Indonesia Sudah Siap 100%

Persiapan Asian Para Games 2018, Indonesia Sudah Siap 100%
Muhammad Ridwan | 04 Oktober 2018 17:46 WIB
(Kedua dari Kiri) CMD Indonesia Arminsyah, Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari, MenkoPMK Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi, Mensos Agus Gumiwang K. - Bisnis/Ridwan

Bisnis.com, JAKARTA - Pembukaan Asian Para Games 2018 tinggal menghitung hari, persiapan untuk gelaran tersebut dinyatakan sudah rampung seluruhnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani mengatakan bahwa Indonesia sudah siap untuk melaksanakan gelar pesta olahraga penyandang disabilitas.

Puan Maharani sebagai Ketua Dewan Pengarah menyampaikan hal tersebut dalam media briefing kesiapan penyelenggaraan Asian Para Games III 2018 di Kantor KemenkoPMK, Jakarta.

“Seluruh persiapan sudah selesai 100 persen, karena nya kita sudah siap melaksanakan Asian Para Games,” ucapnya, Kamis (4/10/2018).

Sementara itu, Ketua Indonesia Asian Para Games Organizing Committe Raja Sapta Oktohari menuturkan bahwa selama proses persiapan, Indonesia sudah mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

Banyak torehan-torehan yang sudah melampaui catatan gelaran Asian Para Games sebelumnya.

“Alhamdulillah mendapatkan apresiasi, dari beberapa persiapan saja sudah ada beberapa record yang kita lewati, jumlah peserta, nomor pertandingan, jumlah negara partisipan,” ujarnya.

Untuk memeriahkan acara, Kementerian Sosial turut andil untuk mengajak 5000 penyandang disabilitas setiap harinya untuk memberikan semangat kepada atlet Indonesia, dan 2500 penyandang disabilitas akan dihadirkan untuk memeriahkan acara pembukaan Asian Para Games 6 Oktober mendatang.

Selain itu, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita menjelaskan bahwa pihaknya telah memberikan pelatihan kepada koordinator volunteer agar bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada atlet nantinya.

“Kami memberikan program TOT, dalam rangka kita memberikan materi yang diikuti oleh 300 koordinator volunteer, materi ini berkaitan pelayan penyandang disabilitas,” jelasnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang turut hadir, menyampaikan gelaran Asian Para Games ini akan menjadi sangat kompetitif bagi para atlet.

Medali emas menjadi buruan para atlet yang bertanding, karena peraih medali emas akan langsung lolos untuk mengikuti Paralympic di Tokyo 2020.

Indonesia sendiri menargetkan untuk meraih peringkat 8 atau meraih 18 medali emas di ajang Asian Para Games nanti.

Sebelumnya, pasukan yang siap berkompetisi untuk membawa bendera merah putih telah tiba di Jakarta pada Minggu (30/9/2018), dinyatakan sudah siap.

Chef de Mission kontingen Indonesia Arminsyah di kesempatan yang sama, meminta kepada seluruh warga Indonesia untuk hadir dan menyaksikan para atlet yang sudah resmi dilepas Presiden Joko Widodo untuk bertanding membawa nama Indonesia kemarin, Selasa (2/10/2018).

Tidak lupa ia meminta doa seluruh warga Indonesia agar para atlet dapat memberikan hasil yang terbaik.

Tag : Asian Para Games
Editor : Andhika Anggoro Wening
Top