Omzet  Pernak-Pernik Asian Para Games Ditargetkan Rp50 Miliar

INAPGOC, penyelenggara Asian Para Games, menargetkan angka penjualan Rp50 miliar dari merchandise atau pernak-pernik kompetisi olahraga para atlet disabilitas se-Asia ini.
Agne Yasa | 03 Oktober 2018 18:53 WIB
Pekerja menyelesaikan pemasangan tulisan Indonesia 2018 Asian Para Games di kompleks Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2018). - JIBI/Dwi Prasetya

Bisnis.com, JAKARTA – INAPGOC, penyelenggara Asian Para Games, menargetkan angka penjualan Rp50 miliar dari merchandise atau pernak-pernik kompetisi olahraga para atlet disabilitas se-Asia ini.

Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari mengatakan pihaknya telah melakukan perhitungan terkait potensi penjualan dari merchandise Asian Para Games 2018 ini.

"Kami sudah hitung, mudah-mudahan dari penjualan ini bisa mencapai Rp50 miliar," ujar, Okto panggilan akrab Raja Sapta Oktohari, dalam Konferensi Pers Peluncuran Berbagai Merchandise Asian Para Games 2018, Rabu (3/10/2018).

Dia menambahkan INAPGOC juga akan memasarkan sesuai dengan ketersediaan stok sehingga Okto menyarankan lebih baik masyarakat segera membeli selama barang ada. 

Lebih lanjut Okto menjelaskan INAPGOC memiliki beberapa indikator kesuksesan, salah satunya adalah sukses legacy secara fisik dan nonfisik. Adapun merchandise menjadi salah satu legacy fisik yang sifatnya lebih lama yang mengingatkan pada Asian Para Games 2018.

"Bisa jadi kolektor item dan dibawa sebagai suvenir dari para pembelinya," ujarnya.

Sementara itu, Plt. Wakil Direktur Revenue & Sponsorship Susan Asiani mengatakan belajar dari pengalaman penjualan merchandise Asian Games yang lalu, pihaknya juga mengantisipasi antusiasme masyarakat dengan menghadirkan beberapa titik penjualan. Tidak hanya berbentuk toko tetapi juga dalam bentuk gerobak yang disebar di venue-venue olahraga.

"Titik-titik penjualan di Gelora Bung Karno ada tujuh titik, di Inspiring Mega store di parkir selatan, kedua di akuatik, dan lima gerobak akan tersebar di lima olahraga favorit, diantaranya Istora, Basketball, Lapangan Tembak, Tenis Indoor, dan juga Velodrome. Satu lagi di Kemayoran di Para Village,jadi total ada delapan titik," jelasnya.

Saat ini, INAPGOC juga terus melakukan penambahan kuota merchandise yang dibuat. Namun, jumlahnya juga akan menyesuaikan dengan respons pasar setelah upacara pembukaan.

"Melihat dari Asian Games kami akan menambah kuota yang sangat banyak. Untuk saat ini yang telah masuk di gudang kami adalah 200.000 pieces sampai saat ini dan akan menambah kuota lagi," ujarnya.

Adapun pernak-pernik Asian Para Games terdiri dari aneka tas pinggang, polo shirt, t-shirt, tote bag, balon tepuk, sandal, sticker, notebook, tas serut, aneka pencil case kanvas, mug, luggage tag, lanyard, keychain, neck pillow, hoodie, dan lainnya. 

"Untuk kisaran harganya ada di Rp50.000 hingga Rp900.000," ujar Susan. 

Tag : Asian Para Games
Editor : Sutarno
Top