Ada Komodo dan Laut di Pembukaan Asian Para Games 2018

Upacara pembukaan Asian Para Games 2018 yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 6 Oktober, bakal diramaikan dengan kehadiran komodo di dalamnya.
Newswire | 28 September 2018 09:20 WIB
Komodo - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Upacara pembukaan Asian Para Games 2018 yang bakal digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 6 Oktober, bakal diramaikan dengan kehadiran komodo di dalamnya.

Tentu saja, bukan komodo si hewan purba dari spesies kadal terbesar di dunia itu yang hadir langsung, tapi panitia Asian Para Games 2018 (INAPGOC) menghadirkannya lewat sebuah instalasi raksasa yang dibawa oleh kawanan penampil upacara pembukaan.

Kehadiran komodo dalam upacara pembukaan perhelatan para-atlet terbesar kedua di dunia itu, karena hewan melata penghuni Pulau Komodo itu merupakan salah satu dari New 7 Wonders of Nature dinilai mewakili semangat atlet penyandang disabilitas yang akan berlaga di Asian Para Games 2018, demikian diungkapkan Kepala Kreatif INAPGOC Anisa Nastiti.

"Komodo itu sesuatu yang luar biasa, salah satu wonder. Sementara teman-teman para-inspirasi juga orang-orang yang luar biasa, wonder," kata Anisa ditemui di sela-sela sesi latihan upacara pembukaan Asian Para Games 2018 di SUGBK, Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Dalam sesi latihan yang terbuka selama beberapa menit untuk awak media tersebut, terlihat sejumlah penampil membawa instalasi komodo yang ukurannya sekira lebih dari 10 meter.

Instalasi komodo itu menyeruak di antara para penari dalam sebuah sesi tarian yang menjadi salah satu segmen upacara pembukaan Asian Para Games 2018.

Anisa enggan mengungkapkan lebih lanjut kapan tepatnya instalasi komodo itu akan muncul dalam rangkaian upacara pembukaan.

"Di tengah-tengah. Adalah. Tonton saja nanti," ujarnya.

Komodo menjadi bagian dari upacara pembukaan Asian Para Games 2018 yang disebut Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari bakal menggunakan tema utama laut, setelah pembukaan Asian Games 2018 pada Agustus lalu menonjolkan gunung dalam tata panggungnya.

Panggung utama menggunakan latar yang selintas mirip dengan gulungan ombak, sementara dalam sesi latihan juga terlihat ada tari-tarian yang menggunakan properti serupa layar perahu.

Sumber : Antara

Tag : asian games 2018, Asian Para Games
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top