BWF World Tour : Tommy Sugiarto Tergusur dari Ranking I Dunia

Status Tommy Sugiarto sebagai kolektor poin terbanyak dalam turnamen-turnamen BWF World Tour tahun ini resmi berpindah ke tangan pebulu tangkis tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen.
Samdysara Saragih | 28 September 2018 01:56 WIB
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA -- Status Tommy Sugiarto sebagai kolektor poin terbanyak dalam turnamen-turnamen BWF World Tour tahun ini resmi berpindah ke tangan pebulu tangkis tunggal putra Taiwan, Chou Tien Chen.

Berdasarkan pengumuman Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Kamis (27/9/2018), Chou menduduki ranking satu dunia dengan 59.210 poin. Di bawah peraih medali perak Asian Games 2018 itu adalah Tommy yang mengumpulkan 56.680.

Chou berhasil menggeser Tommy berkat hasil positif di China Open 2018 pekan lalu. Dia melaju ke semifinal turnamen BWF World Tour Super 1000 tersebut sehingga mendapatkan 8.400 poin. Sebaliknya, Tommy tidak mampu melangkah dari babak 32 besar yang bernilai 3.000 poin.

Pada tahun ini, Chou mengikuti 10 turnamen BWF World Tour dan menggondol juara di Singapore Open dan German Open 2018. Adapun, Tommy bermain di 12 turnamen dengan status kampiun di Thailand Master 2018.

Pengumpul poin terbanyak ketiga BWF World Tour adalah pemain asal Thailand, Kantaphon Wangcharoen. Di belakangnya kemudian bertenger Shi Yuqi asal China, Kento Momota asal Jepang, Suppanyu Avihingsanon asal Thailand.

Berikutnya di rangking tujuh ada Anthony Sinisuka Ginting, Sameer Virna asal India, Lin Dan asal China, dan Khosit Phetpradab asal Thailand.

Poin-poin turnamen BWF World Tour akan terakumulasi pada akhir tahun sebagai syarat mengikuti BWF World Tour Finals 2018 yang berlangsung pada 12-16 Desember 2018 di Guangzhou, China.

BWF World Tour Finals 2018 adalah turnamen puncak sekaligus penutup dari 26 kejuaraan bulu tangkis BWF World Tour. Hanya delapan pemain top baik di nomor tunggal maupun ganda yang dapat mengikuti BWF World Tour Finals 2018. 

Rangking untuk BWF World Tour Final berbeda dengan BWF World Rankings yang menghitung poin pemain setahun ke belakang termasuk di turnamen besar seperti World Championship, Thomas dan Uber Cup, dan Asian Games.

Untuk BWF World Rankings yang juga diumumkan hari ini, pebulu tangkis asal Jepang, Kento Momota, merebut posisi nomor satu dari Viktor Axelsen. Pemain asal Denmark yang sudah berada di singasana nomor satu dunia selama satu tahun ini harus melorot ke rangking tiga. 

Pemain nomor dua dunia kini milik Shi Yuqi asal China. Pengisi daftar 10 besar dunia lainnya adalah Chou Tien Chen, Lee Chong Wei, Kidambi Srikanth, Chen Long, Son Wan Ho, Anthony Sinisuka Ginting, dan Kenta Nishimoto.

Tag : bulutangkis, tommy sugiarto
Editor : Rustam Agus
Top