Asian Para Games 2018 : Spoiler Opening Ceremony, Panggung Besar dengan Unsur Teaterikal

Panggung Opening Ceremony Asian Para Games 2018 tampaknya takkan kalah megah dengan panggung pembukaan Asian Games 2018.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 28 September 2018 00:51 WIB
Persiapan panggung pembukaan Asian Para Games 2018 - BISNIS/Nur Faizah al Bahriyatul Baqiroh

Bisnis.com, JAKARTA - Panggung Opening Ceremony Asian Para Games 2018 tampaknya takkan kalah megah dengan panggung pembukaan Asian Games 2018.

Mengusung tema elemen laut dengan konsep teaterikal, Stadion Utama Gelora Bung Karno disulap menjadi lautan megah dengan nuansa kemaritiman yang kental.

Sekilas ditonton, tampak sekitar ratusan penari tampil menarikan tarian kolosal dengan instrumen perahu dan keluarlah instalasi komodo di tengah-tengah segmen.

Sayangnya, Bisnis tidak diizinkan untuk menonton sampai habis acara latihan yang banyak menimbulkan tanda tanya tersebut.

Ketua Umum Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc), Raja Sapta Oktohari mengatakan kepada awak media bahwa panggung pembukaan Asian Para Games 2018 akan menampilkan banyak kejutan yang kental akan unsur budaya.

"Ya seperti yang saya selalu katakan bahwa INAPGOC punya konsep yang beda dengan INASGOC. Karena Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 harus jadi kebanggaan Indonesia. Kalau Asian Games 2018 lebih ke ekstravagansa musik festival, kalau Asian Para Games 2018, banyak gelaran dan aksi-aksi yang nantinya menunjukkan sisi kemanusiaan dan sisi lain Indonesia," tutur Okto saat ditemui di SUGBK, Kompleks GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis malam (27/9/2018).

Okto juga mengatakan bahwa pemenang tender untuk pagelaran Opening Ceremony Asian Para Games 2018 adalah Royalindo Expoduta.

Dimana Okto juga menyatakan bahwa Royalindo menggandeng Balich Worldwide Shows (BWS) yaitu sebuah perusahaan event organizer International yang pernah menangani acara opening ceremony Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil pada 2016.


Anisa Nastiti, Head Creative Study of Ceremony Asian Para Games 2018 mengatakan bahwa apa yang terlihat pada acara panggung pembukaan pekan olahraga disabilitas terbesar se Asia itu adalah hasil dari riset dan studi mendalam dari timnya.

"[Menyiapkan konsepnya] selama tiga bulan, mulai Maret 2018," ungkap Anisa.

Meski tidak bisa membocorkan konsep secara keseluruhan, Anisa memberikan alasan mengapa Komodo dihadirkan pada panggung pembukaan nanti.

"Karena Komodo kan masuk seven wonder, nah para inspirasi itu 'wonder' buat kita," ungkapnya sambil tersenyum.

Asian Para Games 2018 akan diramaikan oleh 1.500 penari latar dan 40 orang di antaranya adalah para penyandang disabilitas.

"Mereka sudah mulai latihan sejak 4 September 2018 di GOR Soemantri, Kuningan," ungkap Anisa.

Tag : raja sapta oktohari, Asian Para Games
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top