Ojek Disabilitas Hadir di Asian Para Games 2018

Inapgoc mengatakan akan ada ojek disabilitas pada pagelaran acara olahraga disabilitas terbesar se Asia ini.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 15 September 2018 23:12 WIB
Ilustrasi: Atlet para panahan Indonesia dalam kompetisi di Asean Para Games Kuala Lumpur 2017. - Istimewa/Kemenpora

Bisnis.com, JAKARTA – Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc) mengatakan akan ada ojek disabilitas pada pagelaran acara olahraga disabilitas terbesar se-Asia ini.

Inapgoc mengatakan mereka juga turut melibatkan penyandang disabilitas yang memiliki kendaraan modifikasi khusus untuk memberikan layanan transportasi bagi pengunjung disabilitas khususnya pengguna kursi roda ketika hendak menyaksikan pertandingan di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Direktur Transportasi Inapgoc Adrianto Djokosoetono menuturkan bahwa hal tersebut bertujuan memberikan layanan bagi penonton yang datang ke venue sekaligus melibatkan penyandang disabilitas untuk melayani mobilitas pengunjung disabilitas.

“Asian Para Games ini pesta olahraga bagi saudara-saudara disabilitas. Untuk itu, bukan hanya atlet dam ofisial, masyarakat biasa penyandang disabilitas kita libatkan juga secara aktif untuk lebih merasakan atmosfir pesta olahraga ini, termasuk para pengunjung atau penonton disabilitas,” ungkapnya dilansir dari situs resmi Asian Para Games pada Sabtu (15/9/2018).

Andrianto mengatakan sudah ada 40 unit motor dengan modifikasi khusus milik individu penyandang disabilitas yang akan hadir pada perhelatan Asian Para Games 2018 yang dibuka pada 3 Oktober mendatang.

Dia juga menjelaskan 30 unit motor modifikasi khusus berasal dari Jakarta dan sekitarnya, lalu 10 unit motor lainnya didatangkan dari Yogyakarta.

“Kebetulan saudara kita yang di Yogyakarta, mereka memang sudah memiliki layanan khusus ojek disabilitas, sehingga kita undang mereka ke Jakarta untuk turut berpartisipasi,” tuturnya.

Adrianto melanjutkan para ojek disabilitas ini akan memulai aktifitasnya di kompleks GBK sejak pembukaan hingga berakhirnya perhelatan Asian Para Games. Untuk mendapatkan layanan ini, pengunjung harus melalui shuttle khusus difabel.

“Pengunjung disabilitas akan disediakan parkiran khusus di area GBK. Nanti di sana ada shuttle bagi mereka yang ingin merasakan jasa pengantaran dari kendaraan modifikasi khusus ini ke venue-venue yang ada di kawasan GBK. Fasilitas ini free untuk pengunjung,” jelas Adrianto.

Sumber : AsianParaGames2018.id

Tag : Asian Para Games
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top