Program Gala Desa Digelar di Ternate

menyemarakkan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35 dengan menggelar program Gala Desa di Kota Ternate, Maluku Utara,
Newswire | 09 September 2018 02:56 WIB
Ilustrasi - Reuters

Bisnis.com, TERNATE – Kementerian Pemuda dan Olahraga menyemarakkan peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-35 dengan menggelar program Gala Desa di Kota Ternate, Maluku Utara, mulai Sabtu (8/9/2018).

"Gala Desa adalah program andalan kami untuk mengembangkan olahraga di daerah-daerah terdepan Indonesia. Kegiatan ini menjadi komitmen pemerintah pusat dan daerah untuk mengembangkan potensi sumber daya olahraga," kata Ketua Panitia Pelaksana Haornas 2018 Teguh Rahardjo di lapangan Kayu Merah Ternate, Sabtu.

Program Gala Desa di Ternate, sebagaimana di 136 kota dan kabupaten lain di Indonesia, menggelar pertandingan enam cabang olahraga yaitu atletik, sepak bola, bulu tangkis, bola voli, sepak takraw, dan tenis meja.

"Pertandingan sepak bola Gala Desa ini juga merupakan kelanjutan dari program Piala Menpora yang telah melahirkan atlet-atlet tim sepak bola nasional U-16 dan U-20. Program ini merupakan tahun kedua program pertandingan sepak bola itu," kata Teguh yang juga menjabat sebagai Asisten Deputi Olahraga Rekreasi Kemenpora tentang pertandingan sepak bola U-14 itu.

Sementara, penyelenggaraan perlombaan atletik usia muda di daerah, lanjut Teguh, merupakan program jangka panjang pemerintah pusat dan daerah untuk melahirkan atlet-atlet nasional cabang atletik menyusul perebutan mayoritas medali dalam kejuaraan-kejuaraan internasional.

"Program Gala Desa kami ada tahapan dan evaluasi dari program yang sudah berjalan pada tahun sebelumnya. Kami melihat Ternate punya komitmen untuk mengembangkan atlet-atlet nasional yang berpotensi mengikuti kejuaraan internasional," ujarnya.

Selain Gala Desa, Kemenpora juga menggelar sejumlah kegiatan demi menyemarakkan peringatan Hari Olahraga Nasional seperti sepeda nusantara, senam lansia, pameran hari olahraga nasional, dan pawai obor Asian Para Games 2018, serta puncak acara Haornas di Lapangan Kei Raha pada Minggu (9/9/2018) malam.

Sebelumnya, Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora Raden Isnanta mengatakan peringatan Haornas 2018 sebagai momentum pendorong pembangunan lintas sektor di Indonesia menyusul kesuksesan Indonesia menggelar Asian Games ke-18.

Isnanta mengatakan peringatan Hari Olahraga Nasional ke-35 di wilayah timur Indonesia itu sekaligus menumbuhkan semangat berolahraga di luar pulau Jawa dan menyelaraskan kebijakan Presiden Joko Widodo terkait dengan revolusi mental.

"Peringatan Hari Olahraga Nasional pada tahun ini berlangsung di antara dua kegiatan olahraga besar di Indonesia yaitu Asian Games dan Asian Para Games 2018," tuturnya.

Sumber : Antara

Tag : kemenpora
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top