Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rikako Ikee Sabet Most Valuable Player Asian Games 2018

Rikako Ikee atlet renang asal negeri matahari Jepang berhasil menyabet gelar Most Valuable Player Asian Games ke 18 Jakarta-Palembang
Rikako Ikee Sabet Most Valuable Player Asian Games ke 18/Nur Faizah
Rikako Ikee Sabet Most Valuable Player Asian Games ke 18/Nur Faizah

Bisnis.com, JAKARTA - Rikako Ikee atlet renang asal negeri matahari Jepang berhasil menyabet gelar Most Valuable Player Asian Games ke 18 Jakarta-Palembang.

Olympic Council of Asia (OCA) memilih Ikee karena dia berhasil mengantongi enam medali emas di setiap nomor pertandingan renang yang dia ikuti.

“Terima kasih banyak, saya sangat senang dan terkejut mendapatkan penghargaan ini,” kata Ikee usai menerima penghargaan dari OCA di ruang jumpa media Media Press Center Asian Games 2018, Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (2/9/2018).

Ikee merupakan atlet perempuan pertama yang berhasil mendapatkan penghargaan MVP sepanjang sejarah Asian Games digelar.

Pada Asian Games 2018, dia berhasil menduduki kursi juara pertama pada nomor pertandingan tunggal Women's 50 M Freestyle, Women's 100 M Freestyle, Women's 50 M Butterfly dan Women's 100 M Butterfly.

Sedangkan pada pertandingan beregu, dia bersama tim renang putri Jepang lainnya, berhasil merebut emas pada nomor Women's 4×200 M Freestyle Relay dan Women's 4×100 Medley Relay.

Ikee mengatakan dia tidak pernah menyangka akan mendapatkan penghargaan sebagai atlet terbaik pekan olahraga terbesar kedua di dunia setelah olimpiade ini.

Sehingga, dia sempat kembali ke tanah airnya. Namun, ketika dia dihubungi akan mendapatkan penghargaan, dia pun segera kembali ke Jakarta.

"Sebenarnya setelah pertandingan saya pulang ke Jepang, saya tidak berpikir saya akan kembali lagi ke Indonesia. Namun, ketika dikabari bahwa saya menjadi MVP saya segera kembali ke Jakarta. Saya senang bisa ke sini lagi," tuturnya.

Ikee menerima beberapa hadiah dari OCA dengan prestasi terbarunya ini. Dia menerima trofi penghargaan, uang sebesar US$50.000 atau sekitar Rp736,5 juta (kurs: Rp14.730) atau jika dikonversikan ke Yen menjadi sekitar 5,56 juta Yen.

Selain itu, perempuan berusia 18 tahun ini juga diberikan suvenir berupa kumpulan pin penyelenggaraan Asian Games sejak Asian Games pertama hingga Asian Games ke 18.

Tahun ini merupakan kali ke-6 tradisi MVP Asian Games diadakan. Gelar MVP pertama diberikan pada Asian Games 1998.

Nama pemenang MVP sejak tahun 1998 adalah Koji Itu (Renang, Jepang) Asian Games Bangkok 1998, Kosuke Kitajima (Renang, Jepang) Asian Games Busan 2002, Park Tae-hwan (Renang, Korea) Asian Games Doha 2006, Lin Dan (Bulutangkis, China) Asian Games Guangzhou 2010, dan Kosuke Hagino (Renang, Jepang) Asian Games Incheon 2014.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler