Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032

Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 sejalan dengan suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.
Amanda Kusumawardhani | 01 September 2018 11:52 WIB
Presiden Jokowi bersalaman dengan Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach disaksikan Presiden Olympic Council of Asia(OCA) Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di Istana Bogor, Sabtu (1/9/2018). - Bisnis/Amanda K. Wardhani

Bisnis.com, BOGOR--Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia mengajukan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 sejalan dengan suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

Hal tersebut dikemukakan Presiden ketika menerima kunjungan Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach dan Presiden Olympic Council of Asia(OCA) Ahmad Al-Fahad Al-Sabah di Istana Bogor, Sabtu (1/9/2018).

"Dengan pengalaman dalam penyelenggaran Asian Games 2018, maka Indonesia yakin bisa dan mampu menjadi tuan rumah untuk yang lebih besar. Oleh sebab itu Indonesia berencana mengajukan diri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade 2032," kata Presiden Jokowi.

Menurutnya, kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang merupakan modal yang kuat bagi Indonesia untuk menyelenggaraan acara olahraga lainnya dengan skala yang lebih besar.

"Baru saja bertemu dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas, dan juga Presiden Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach. Beliau sangat menghargai dan kagum atas kesuksesan dalam menyelenggarakan perhelatan Asian Games ke-18 tahun 2018 ini," ucap Presiden.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi juga dilontarkan oleh Thomas terkait tingginya partisipasi masyarakat Indonesia yang dilihat dari jumlah penonton hingga relawan Asian Games 2018.

Thomas juga memberikan apresiasi terhadap kehangatan yang ditampilkan masyarakat Indonesia dalam penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Masyarakat Indonesia yang ramah dan partisipasi yang besar adalah kombinasi yang hebat. Inilah yang disebut Olympic. Ini [Olympic] mengenai persahabatan yang hebat," ujar Thomas.

Dalam kesempatan tersebut, dia juga memberikan selamat kepada Indonesia yang menjadi salah satu kandidat tuan rumah Olimpiade 2032. 

Tag : jokowi, olimpiade, asian games 2018
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top