OCA Apresiasi Kinerja Tim Kesehatan Asian Games 2018

Dewan Olimpiade Asia (OCA) mengapresiasi kinerja tim medis dan keseluruhan komponen Tim Kesehatan Asian Games 2018.
Newswire | 31 Agustus 2018 16:23 WIB
Tim medis Asian Games 2018 segera melakukan tindakan yang diperlukan ketika lifter India Sathish Kumar Sivalingam cedera saat tampil di nomor angkat besi putra 77 kg di Jakarta pada Kamis (23/8/2018). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Chairman of Medical and Doping Control Olympic Council of Asia (OCA), Manikavasagam Jegathesan mengapresiasi kinerja tim medis dan keseluruhan komponen Tim Kesehatan Asian Games 2018.

"Itu terlihat dari cara kerja tim dalam menjaga makanan yang disajikan untuk atlet maupun pewarta baik dalam maupun mancanegara yang sedang melakukan peliput kegiatan tersebut," katanya di Jakarta pada Jumat (31/8/2018).

Menurut dia, kinerja tersebut dari awal sudah dibicarakan dan ternyata dapat tercapai dengan baik sesuai harapan. Selain itu seluruh peralatan kesehatan juga masuk pada sistem uji coba dan ternyata lolos pengujian.

"Itu terlihat pada olahraga paralayang, dan respons tim medis sangat cepat dengan menggunakan helikopter untuk melakukan evakuasi atlet hingga ke rumah sakit," ungkapnya.

Selain itu, tim kesehatan bertanggung jawab memastikan penyediaan dan penyaluran makanan yang sehat maupun higienis, penyediaan air bersih, pengendalian maupun pencegahan dari wabah penyakit yang mempunyai bagian penting dan terbaik dari bidang kesehatan.

"Untuk semua hal itu, OCA sangat mengapresiasi kepada bidang kesehatan Asian Games," katanya.

Sementara itu, Ketua Tim Kesehatan Asian Games Bambang Wibowo mengemukakan untuk kegiatan tersebut telah menyiagakan layanan kesehatan dan kegawatdaruratan, sebanyak 195 layanan medis.

Kegiatan itu melibatkan 1.805 tenaga kesehatan, 100 sanitarian, 587 foodhandler untuk standarisasi, 230 ambulans darurat, tiga helikopter darurat, 10 ambulans air, 20 ambulans motor, dan 5 ambulans mobil golf.

Sumber : Antara/Reuters

Tag : asian games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top