Pelatih Renang Loncat Indah Puas dengan Penampilan Atlet Indonesia

Pelatih Renang Loncat Indah Puas dengan Penampilan Atlet Indonesia
Newswire | 29 Agustus 2018 14:44 WIB
Asian Games 2018 - Asian Games 2018

Bisnis.com, JAKARTA - Penampilan para atlet renang loncat indah Indonesia baik di nomor ganda putri maupun beregu sudah memenuhi 90 persen target atau harapan pelatih Kseniia Duniak.

Meskipun total poin yang dikumpulkan oleh Indonesia yakni 128,6324 untuk nomor ganda putri terpaut jauh dengan juara bertahan China yang memperoleh medali emas setelah mendapat poin 186,5101, Kseniia menilai tim Indonesia telah berupaya maksimal.

"Tentu saja masih ada detail-detail kecil yang harus ditingkatkan lagi tetapi saya bangga melihat penampilan mereka," kata dia kepada Antara di Stadion Akuatik GBK, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Selama tiga bulan terakhir, Kseniia melatih tim renang loncat indah Indonesia untuk mempersiapkan diri mereka menghadapi Asian Games 2018.

Disebabkan waktu latihan yang cukup sempit, pelatih asal Ukraina itu tidak memasang target spesifik untuk anak-anak didiknya.

"Buat saya poin tidak terlalu penting, yang lebih penting adalah saya bisa melihat mereka menikmati apa yang mereka lakukan dan mencoba memberikan penampilan terbaik," tutur dia.

Tantangan terbesar Kseniia selama melatih tim renang indah Indonesia adalah membangun disiplin dan mentalitas para atlet.

Melatih atlet renang loncat indah Indonesia untuk lebih fokus dan terorganisasi menjadi "pekerjaan rumah" yang harus diselesaikannya, apalagi jika dirinya masih ditugaskan untuk mempersiapkan Indonesia menghadapi SEA Games 2019 di Clark, Filipina.

"Melatih fisik juga menantang, karena kalau mereka merasa lelah mereka akan menyerah dan berhenti melakukan yang terbaik. Itu bukan keputusan yang baik, karena meskipun lelah anda harus tetap melanjutkan, karena tidak mungkin mendapatkan hasil yang baik tanpa kerja keras," tutur mantan atlet renang indah Ukraina itu.

Cabang renang indah Asian Games tahun ini melombakan dua nomor yaitu ganda putri dan beregu. Dalam final team technical routine yang diselenggarakan pagi ini, Indonesia memperoleh poin 64,5059 dari 15 orang juri dari berbagai negara.

Poin yang dikumpulkan Indonesia terpaut jauh dengan China yang lagi-lagi unggul di posisi pertama dengan poin 92,5062.

Hasil akhir untuk nomor beregu akan diperoleh setelah final team free routine siang ini, dimana Indonesia akan mempersembahkan penampilan yang dipadukan dengan gerakan tari kecak dari Bali.

Sumber : Antara

Tag : asian games 2018
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top