ASIAN GAMES 2018: Atlet Skateboard 16 Tahun Kuasai Kualifikasi, Indonesia Menanti Emas?

Atlet 16 tahun dari Indonesia, Sanggoe Dharma Tanjung memuncaki klasemen kualifikasi nomor street cabang olahraga skateboard Asian Games 2018, dan berpeluang meraih medali emas di final.
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 28 Agustus 2018  |  20:28 WIB
ASIAN GAMES 2018: Atlet Skateboard 16 Tahun Kuasai Kualifikasi, Indonesia Menanti Emas?
Atlet Skateboard Indonesia 16 Tahun Sanggoe Dharma Tanjung Kuasai Kualifikasi Sanggoe Dharma Tanjung - Twitter.com

Bisnis.com, PALEMBANG -  Atlet 16 tahun dari Indonesia, Sanggoe Dharma Tanjung memuncaki klasemen kualifikasi nomor street cabang olahraga skateboard Asian Games 2018, dan berpeluang meraih medali emas di final.  

Sanggoe tampil impresif di babak kualifikasi dan tidak terpengaruh oleh gangguan hujan yang sempat dua kali menghentikan pertandingan di Jakabaring Sport City, Palembang, Selasa. Skateborder asal Bali ini berada di peringkat satu dengan total 31,3 poin. Ia terpaut hampir tiga poin dengan Keyoki Ike dari Jepang, yang berada di ranking dua dengan 28,3 poin.  

Sanggoe mengawali sesi babak (runs) 1 dengan nilai 6,4 dan runs 2 melejit menjadi 8,1 poin. Ia terlihat menguasai hampir semua bagian arena terutama rintangan rel, salah satunya dengan trik bs smithgrid menuruni rel delapan anak tangga.  

Dominasi Sanggoe makin terlihat di sesi trik terbaik (best trick). Ia berhasil mengeksekusi lima kali kesempatan tanpa terjatuh. Sanggoe bahkan mencatatkan dua nilai tinggi, pertama dengan trik bigflip fs boardslide yang meraih 7,7 poin. Kemudian trik bigflip fs boardslide yang mendapat 7,8 poin dari dewan juri.

Sanggoe Dharma merupakan peringkat ketiga pada ajang FISE World Malaysia 2014, peringkat enam dunia di X-Games di Shanghai 2015, dan skateboarder Indonesia pertama yang berlaga di Street League (SLS) di Barcelona 2017. Indonesia memang mengunggulkan Sanggoe untuk bisa meraih emas di cabang skateborder.

Kita memang sudah memprediksi dia (Sanggoe) bisa dapat nilai tinggi, dan meraih emas. Tinggal kita menjaga mentalnya supaya tampil bagus di final,  kata pelatih skateboard Indonesia, Ardy Polli.

Indonesia menurunkan dua atlet untuk nomor ini, yakni Sanggoe Dharma Tanjung dan Aldwin Angkawidjaja. Keduanya lolos ke final yang akan dipertandingkan Rabu besok (29/8). Namun, Aldwin berada pada peringkat tujuh klasmen kualifikasi.  

Ada delapan skateboarder yang akan memperebutkan medali emas pada nomor ini. Saingan paling berat dari Indonesia datang dari skateborder Jepang, Keyoki Ike.  Cabang olahraga Skateborder baru pertama kali ini dipertandingkan di Asian Games 2018, yang menjadi persiapan untuk Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
asian games 2018

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top