Aero Sutan Aswar, Atlet Jetski Ganteng 'Setampan' Prestasinya

Jika membicarakan atlet Indonesia yang berwajah tampan, maka Aero Sutan Aswar merupakan salah satu di antara deretan atlet tampan yang berjuang untuk Indonesia di Asian Games 2018.Laki-laki kelahiran Jakarta, 4 Desember 2018 adalah salah satu atlet elit unggulan Indonesia untuk cabang olahraga air berkecepatan tinggi tersebut.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 24 Agustus 2018 01:35 WIB
Aero Sutan Aswar - Instagram

Bisnis.com, JAKARTA--Jika membicarakan atlet Indonesia yang berwajah tampan, maka Aero Sutan Aswar merupakan salah satu di antara deretan atlet tampan yang berjuang untuk Indonesia di Asian Games 2018.

Laki-laki kelahiran Jakarta, 4 Desember 1994 adalah salah satu atlet elit unggulan Indonesia untuk cabang olahraga air berkecepatan tinggi tersebut.

Bisa dikatakan, Aero sudah akrab sangat akrab dengan dunia jetski sejak dirinya masih kanak-kanak. Ayah sekaligus manajernya, Saiful Sutan Aswar menjabat sebagai Ketua Umum Indonesia Jetsport Boating Association (IJBA).

Dia juga merupakan cucu dari Sutan Aswar, salah seorang perintis Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI).

Konon nama Aero yang berarti udara terinspirasi dari prestasi sang kakek sebagai salah satu tokoh perintis Angkatan Udara Indonesia tersebut.

Tak hanya Aero, sang adik, Aqsa Sutan Aswar juga turut mengikuti jejaknya untuk menjadi pejetski nasional.

Tidak hanya tampan, Aero juga sudah berhasil menorehkan prestasi di tingkat Internasional. Saat masih berusia 16 tahun dia sudah tercatat sebagai pembalap jetski termuda dunia di kelas Pro dan Grand Prix.

Pada Februari 2011, dia meraih gelar Iron Man Offshore Champion, di Kompetisi Mark Hahn 300, Arizona, Amerika Serikat.

Laki-laki yang gemar menonton serial film kartun asal Jepang 'Conan' on juga berhasil meraih membawa pulang medali emas pada ajang 2nd Asian Beach Games di Muscat, Omanpada pada 2010.

Dia juga pernah duduk sebagai juara III pada nomor bergengsi Grand Prix Runabout dalam kompetisi jetski internasional World Finals pada tanggal 5-13 Oktober 2013 di Lake Havasu, Arizona, Amerika Serikat.

Pada pertandingan tersebut dia bahkan mencatatkan rekor start tercepat yang pertama kali terjadi di kejuaraan dunia jetski dengan waktu 56,7 detik.

Tahun 2014 merupakan tahun emasnya, dia kembali berhasil meraih medali emas pada Asian Beach Games yang berlangsung di Phuket, Thailand.

Pada tahun yang sama, dia juga berhasil meraih gelar juara dunia di kelas Pro Runabout Stock pada ajang kompetisi jetski internasional World Finals yang digelar pada tanggal 12 Oktober 2014 di Lake Havasu, Arizona, Amerika Serikat.

Aero yang bekerja sama dengan adiknya, Aqsa Sutan Aswar berhasil mengalahkan saingannya terberatnya pejetski asal Amerika Serikat Eric Francis. Perlu diketahui, kelas Pro Runabout merupakan kelas tertinggi yang digelar pada ajang tersebut.

Pada 7 Mei 2018 dia berhasil meraih menjadi juara 1 putaran pertama di ajang Pro Watercross National Tour di Kota Panama, Florida untuk nomor Pro Stock dan Pro Grand Prix sedangkan sang Adik Aqsa berhasil menduduki juara kedua.

(https://www.instagram.com/p/BieLNjFH9jN/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=18d71aituiff4)

Pada finalnya, 14 Mei 2018, dia berhasil menjadi juara pertama untuk nomor Pro Stock namun menjadi juara ketiga untuk nomor Pro Grand Prix kalah dari sang adik yang berhasil bertahan menjadi juara dua pada nomor tersebut.

(https://www.instagram.com/p/Biwa5tRHk3K/?utm_source=ig_share_sheet&igshid=1avoxyqkvga9a)

Per 17 Juli 2018, dia juga tercatat sebagai atlet jetski terbaik yang menduduki peringkat ke 11 di dunia.

Tag : asian games 2018
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top