Rika Wijayanti, Dari Tukang Gulung Parasut Menjadi Atlet Paralayang Kelas Dunia

Dalam pekan olahraga terbesar se Asia, Asian Games 2018, Rika Wijayanti berhasil menorehkan prestasi untuk Indonesia pada cabang olahraga paralayang.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh - Bisnis.com 23 Agustus 2018  |  17:13 WIB
Rika Wijayanti, Dari Tukang Gulung Parasut Menjadi Atlet Paralayang Kelas Dunia
Atlet paralayang Indonesia Rika Wijayanti - Istimewa/PB FASI

Bisnis.com, JAKARTA—Dalam pekan olahraga terbesar se Asia, Asian Games 2018, Rika Wijayanti berhasil menorehkan prestasi untuk Indonesia pada cabang olahraga paralayang.

Hari ini, Kamis (23/8/2018) pada pertandingan akurasi tunggal putri, Rika berhasil menyumbang medali perunggu untuk Indonesia.

Kemarin, Rabu (22/8/2018) Rika memperkuat tim paralayang putri bersama Lis Adriana dan Ike Ayu Wulandari di nomor ketepatan mendarat beregu dan berhasil meraih medali perak.

Ketertarikan Rika pada dunia paralayang bermula ketika dia menjadi pelipat parasut untuk para penggemar olahraga paralayang yang medarat di sebuah lapangan dekat rumahnya di Songgokerto, Batu, Malang.

Upahnya, biasa Rika dibayar Rp2.000  untuk parasut solo sedangkan untuk parasut tendem dia dibayar sebesar Rp5.000.

Saat memasuki usia 16 tahun, Rika diajak kakaknya Joni Efendi untuk belajar paralayang, Joni sudah lebih dulu menjadi atlet paralayang profesional.

Rika kemudian mendapat pelatihan khusus dari Joni. Perlu diketahui, Joni ada;ah salah satu atlet paralayang yang berhasil memberikan emas untuk Indonesia di nomor ketepatan mendarat beregu putra bersama Jafro Megawanto, Hening Paradigma, Roni Pratama dan Aris Apriansyah, Rabu (22/8).

Lulus dari SMK 17 Agustus Batu, Rika mulai serius untuk berlatih paralayang. Dalam kurun tiga bulan, Rika sukses menguasai teknik dasar sebagai pilot paralayang dan mendapat lisensi untuk terbang.

Kini Perempuan kelahiran 8 September 1994 terdaftar sebagai pilot paralayang terbaik di dunia. Per April 2018 dia tercatat berada di peringkat ketiga, terpaut dari atlet Republik Ceko Marketa Tomaskova dan atlet Thailand Nunnaphat Puchong.

Berikut Daftar Prestasi Rika Wijayanti;

  • Juara 1 Paragliding Accuracy World Cup 2017 Seri 1 di Vrsac, Serbia.
  • Juara 2 Paragliding Accuracy World Cup 2017 Seri 2 di Kanada.
  • Juara Dunia Paragliding Accuracy World Cup 2017.
  • Juara Satu Paragliding Accuracy World Cup 2018 Seri 1 di North Cyprus, Turki.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
asian games 2018, paralayang

Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top