ASIAN GAMES 2018: Indonesia Berpeluang 'Curi' Emas Senam

Indonesia berpeluang, setidaknya, menambah dua medali emas dari cabang senam di Asian Games 2018 di di JIExpo Hall D, Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/8/2018), mulai pukul 18.00 WIB.
Martin Sihombing | 22 Agustus 2018 18:09 WIB
Pesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi memperlihatkan medali emas saat menjuarai nomor balok keseimbangan senam artistik perorangan putri SEA Games XXIX Kuala Lumpur di MiTeC, Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (23/8). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA -   Indonesia berpeluang, setidaknya, menambah dua medali emas dari cabang senam di Asian Games 2018 di di JIExpo Hall D, Kemayoran, Jakarta, Rabu (22/8/2018), mulai pukul 18.00 WIB.

Indonesia dipastikan lolos ke final senam artistik putri kategori tim dan  final alat  perseorang di cabang yang sama atas nama Rifda Irfanaluthfi. Namun, Rifda akan turun besok, Kamis (23/8/2018).

Untuk mengamankan peluang, tim Indonesia -Rifda Irfanaluthfi-  tidak diikutsertakan menghadapi final senam artistik putri kategori tim di JIExpo Hall D, Kemayoran, Jakarta, Rabu, mulai pukul 18.00 WIB.

Dalam daftar tim seperti dikutip dari laman resmi  asiangames2018.id, Indonesia hanya mendaftarkan empat nama, yakni Amalia Fauziah, Nur Cahya, Armartiani, dan Tazsa Devira. Tim Indonesia akan bertanding dalam empat kategori, yakni meja lompat (vault), palang bertingkat (uneven bars), lantai (floor exercise), dan balok keseimbangan (balance beam).

Selain Indonesia, terdapat tujuh negara lain yang akan bertanding dalam final senam artistik putri kategori tim yaitu India, Malaysia, Chinese Taipei, Korea Selatan, Jepang, Korea Utara, dan China. Pada Selasa (21/8), Indonesia berhasil lolos melalui kategori tim setelah menempati posisi kedelapan dari 11 negara dengan skor 140,85 dari empat kategori yang ditandingkan, yakni meja lompat, palang bertingkat, lantai, dan balok keseimbangan.

Saat itu, tim senam putri Indonesia terdiri dari Rifda Irfanaluthfi, Amalia Fauziah, Nur Cahya, Armartiani, dan Tasza Devira. Skor keseluruhan Indonesia dari empat kategori tersebut adalah meja lompat 38,45, palang bertingkat 32,9, balok keseimbangan 34,5, dan lantai 35. Sebelumya Pelatih senam artistik Indonesia Eva Novalina T Butar-Butar mengatakan  kemungkinan tidak akan menurunkan Rifda Irfanaluthfi pada pertandingan final kategori tim.

Dia menyatakan akan menyiapkan Rifda untuk menghadapi pertandingan final kategori individual dua alat, yakni meja lompat dan lantai pada Kamis (23/8). "Kemungkinan besok saya masih berpikir mungkin saya tidak akan turunkan Rifda karena dia harus istirahat karena besok final tim, besoknya lagi dia langsung turun final alat," kata Ela di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (21/8).

Indonesia juga melaju ke final melalui Rifda setelah menempati posisi lima besar pada dua kategori, yaitu meja lompat dan lantai. Pada kategori meja lompat, Rifda menempati posisi kelima dengan poin 13,5.

Sementara pada kategori lantai, Rifda juga menempati posisi kelima dengan skor 12,56. Rifda merupakan pesenam andalan Indonesia karena telah menorehkan beberapa prestasi dalam berbagai ajang seperti pada Sea Games Malaysia 2017 dengan merebut 1 medali emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Sumber : ANTARA

Tag : asian games 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top