Asian Games 2018: Alex Noerdin Pastikan Palembang Sudah Siap

Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin mengklaim provinsinya sudah sangat siap menyelenggarakan Asian Games 2018 yang akan dibuka pada 18 Agustus mendatang. Salah satu alasan kesiapannya karena provinsi tersebut zero conflict.
Lingga Sukatma Wiangga | 27 Juli 2018 19:38 WIB
Alex Noerdin - Antara/Nova Wahyudi

Bisnis.com, JAKARTA — Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin mengklaim provinsinya sudah sangat siap menyelenggarakan Asian Games 2018 yang akan dibuka pada 18 Agustus mendatang. Salah satu alasan kesiapannya karena provinsi tersebut zero conflict. 

Selain itu, kata dia, pemerintah Sumatra Selatan juga sudah terbiasa dan berpengalaman dalam menghelat acara-acara bertaraf internasional.

“Mengapa sudah siap, karena sumselzero conflict karena belum pernah terjadi dan tidak akan pernah terjadi kerusuhan antar etnis, kerusuhan antar agama. Alhamdulillah kita sudah berpengalaman beberapa kali event ini. Jadi rakyat sudah terbiasa dengan event internasional,” katanya di Kantor Wakil Presiden, Jumat (27/7/2018).

Dia pun mengatakan pihaknya menjamin keamanan penyelenggaraan ajang olah raga terbesar setelah olimpiade tersebut. Termasuk keamanan dari asap kebakaran hutan mengingat saat ini adalah puncak musim kemarau.

Bahkan persiapan masalah asap sudah dilakukan sejak Februari lalu. Pihaknya sudah mengeluarkan surat pernyataan darurat asap sekaligus meminta bantuan kepada pemerintah pusat.

“Atas dasar surat itu pemerintah pusat, BNPB, sudah menurunkan helikopternya untuk berjaga-jaga di situ. Jadi setiap hari dipantau,” ujarnya.

Adapun terkait persiapan sarana dan prasarana, saat ini menurutnya tinggal mempercantik seperti penanaman rumput, perbaikan jalan yang rusak hingga pembuatan taman. Untuk infrastruktur fisik seperti kontruksi dia mengklaim sudah 100% selesai.

Sarana LRT untuk mobilisasi pun sudah mulai dicoba melayani masyarakat umum. Sementara itu, terkait kursi stadion Jakabaring yang rusak oleh oknum pendukung Sriwijaya FC pihak terkait telah memperbaikinya.

Kerugian akibat perusakan fasilitas itu menurutnya memang belum dihitung secara pasti. Untuk biaya perbaikan, lanjut dia, akan ditanggung manajemen klub sepak bola tersebut.

Tag : Asian Games 2018
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top