Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CRISTIANO RONALDO, Tubuhnya 7% Lemak, 50% Otot

Juve bersedia merogoh kocek hingga sekitar 100 juta poundsterling (Rp1,8 triliun) untuk menggaet pemain berusia 33 tahun tersebut.
Cristiano Ronaldo./CNBC
Cristiano Ronaldo./CNBC

Bisnis.com, SOLO — Cristiano Ronaldo pernah mengatakan kondisi fisiknya masih seperti pemuda berusia 20 tahun meski secara usia dirinya telah berkepala tiga.

Superstar asal Portugal itu ternyata tidak sesumbar. Kondisi fisik Ronaldo terbukti mirip seperti milik pemuda berusia 20 tahun dari hasil tes medisnya saat bergabung dengan Juventus belum lama ini.

Pantas Juve bersedia merogoh kocek hingga sekitar 100 juta poundsterling (Rp1,8 triliun) untuk menggaet pemain berusia 33 tahun tersebut. Secara usia, Ronaldo boleh saja menua. Tapi kondisi fisiknya masih prima.

Ia membuktikan usia hanyalah hitungan angka. Dari hasil tes medis Juve tertera hanya memiliki kadar lemak sekitar 7% dalam tubuhnya. Catatan itu lebih baik 3% dari rata-rata kandungan lemak dalam tubuh pesepak bola profesional lainnya. Lantas apa yang mendominasi berat tubuh Ronaldo? Otot!

Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Rabu (25/7), sebanyak 50% berat tubuh Ronaldo merupakan massa otot. Catatan itu lebih baik empat pesen dari rata-rata massa otot dalam tubuh pesepak bola profesional lainnya.

Masih ada lagi hasil tes medis Ronaldo yang membuat orang terkagum. Dia mencatat sprint tercepat di Piala Dunia 2018 dengan 21,1 km per jam. Dan itu dibuktikan dalam rekam medisnya.

Tahun ini, Ronaldo memiliki kans untuk menambah gelar individu Pemain Terbaik Dunia versi FIFA. Dia masuk daftar kandidat 10 besar, antara lain bersama Lionel Messi, Kylian Mbappe, Luka Modric, Antoine Griezmann, hingga Mohamed Salah.
Dalam 10 tahun terakhir, Ronaldo berbagi Messi meraih gelar individu paling prestisius bagi insan sepak bola di dunia tersebut. Masing-masing dengan lima gelar, baik sejak gelar itu digabung atau dipisah kembali dengan Ballon d'Or.

Namun, kali ini Ronaldo sepertinya akan bersaing dengan Mbappe ketimbang Messi. Ronaldo dan Mbappe sama-sama memenangi trofi bergengsi musim 2017/2018.

Ronaldo mengangkat titel Liga Champions dengan klubnya, Real Madrid, sebelum pindah ke Juve. Sedangkan Mbappe membawa Prancis meraih gelar kedua Piala Dunia. Secara usia, Ronaldo lebih tua 14 tahun dari Mbappe. Tapi secara fisik, keduanya berani diadu. (JIBI)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Sumber : JIBI/Solopos
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler