Jokowi Sebut Kemenangan Zohri Modal Bagi Indonesia di Asian Games 2018

Seusai meninjau meninjau Hari Koperasi Nasional Expo 2018 di International Convention Exhibition, Tangerang, Kamis (12/7/2018), Jokowi mengungkapkan kebanggaannya terhadap kemenangan Zohri di IAAF World U20 Championships kategori lari 100 meter putra.
Amanda Kusumawardhani | 12 Juli 2018 13:17 WIB
Lalu Muhammad Zohri, sprinter asal Nusa Tenggara Barat (NTB), berhasil meraih medali emas dalam IAAF World U20 Championships di Tampere, Finlandia pada Rabu (12/7). Kemenangan Zohri menjadi sejarah bagi Indonesia dalam ajang tersebut. - Reuters/Kalle Parkkinen

Bisnis.com, JAKARTA -- Setelah memastikan kemenangan di Kejuaraan Dunia Atletik U-20, Lalu Muhammad Zohri dihujani pujian termasuk dari Presiden Joko Widodo.

Seusai meninjau meninjau Hari Koperasi Nasional Expo 2018 di International Convention Exhibition, Tangerang, Kamis (12/7/2018), Jokowi mengungkapkan kebanggaannya terhadap kemenangan Zohri di IAAF World U20 Championships kategori lari 100 meter putra. 

"Tentu saja kita bangga ada anak bangsa yang jadi juara. Saya kira tidak saya saja, tapi seluruh rakyat Indonesia tentu senang bangga. Kemenangan seperti ini, kayak kemarin badminton, itu modal Asian Games  2018. Ini nanti lari modal lagi untuk Asian Games," ujarnya.

Zohri yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) berhasil mengungguli Anthony Scwartz, pelari asal AS yang difavoritkan menjadi pemenang dalam kejuaraan ini.

Dia ini mengalahkan Schwartz dengan catatan waktu 10,18 detik, sekaligus menjadi rekor nasional baru. Schwartz dan pelari AS lainnya, Eric Harrison, hanya mampu bertengger di posisi kedua dan ketiga dengan catatan waktu 10,22 detik.

Di semifinal, Zohri mencatatkan waktu 10,24 detik atau 0,05 detik lebih lambat dari Schwartz. 

Sebelum berlaga di IAAF World U20 Championships 2018, Zohri juga menyabet emas di ajang Asian Junior Athletics Championships di Gifu, Jepang pada bulan lalu. Dia menorehkan waktu 10,27 detik dan mengungguli andalan tuan rumah, Daisuke Miyamoto.

 

Tag : jokowi, atlet
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top