Sandiaga Uno: Lalu Muhammad Zohri The Flash-nya Indonesia

Atlet atletik Indonesia Lalu Muhammad Zohri berhasil meraih gelar juara pada nomor lari 100 meter putra. Nomor lari yang dimenangkan oleh Zohri tak main-main, salah satu nomor bergengsi di dunia atletik.
Feni Freycinetia Fitriani | 12 Juli 2018 12:35 WIB
Lalu Muhammad Zohri: The Flash Indonesia - IAAF

Bisnis.com, JAKARTA--Atlet atletik Indonesia Lalu Muhammad Zohri berhasil meraih gelar juara pada nomor lari 100 meter putra. Nomor lari yang dimenangkan oleh Zohri tak main-main, salah satu nomor bergengsi di dunia atletik.

Meski baru level Kejuaraan Dunia Atletik Junior U-20, mata dunia langsung berpaling melihat catatan waktu 10,18 detik yang dibukukan Zohri di Tampere, Findandia pada Rabu (11/7/2018).

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno tak lupa mengucapkan selamat kepada pelari muda kebanggaan baru Indonesia tersebut.

"Lalu Muhammad Zohri @lalusprinter The Flash-nya Indonesia meraih emas nomor 100 meter pada Kejuaraan Dunia IAAF World u20 di Finlandia," tulis Sandi di akun Instagram miliknya @sandiuno, Kamis (12/7/2018).

Dia mengatakan Zohri menjadi atlet pertama Indonesia yang pernah mendapat medali di turnamen bergengsi tersebut.

Sandi berharap hasil yang dicatat Zuhro dapat membangkitkan semangat atlet lain yang akan berlaga di ajang Asian Games bulan depan.

"Ini rumah kita, kita harus menang di rumah sendiri #AsianGames2018," kata Sandi yang juga gemar berlari.

Capaian Zohri di Tampere dengan catatan waktu 10,18 detik hanya terpaut satu detik dari prestasi seniornya, Suryo Agung Wibowo, yang mengukir rekor nasional di angka 10,17 detik.

Tampilnya Zohri meraih trofi level dunia membuatnya menjadi atlet andalan Indonesia seperti pernah dicapai atlet pelari cepat Indonesia sebelumnya seperti Purnomo, Sumardi, dan Suryo Agung Wibowo. Kini, Zohri muncul sebagai harapan baru Indonesia di nomor lari cepat 100 meter putra.

Atlet asal Lombok, Nusa Tenggara Barat itu, dalam keterangan tertulis Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) yang diterima Antara di Jakarta, Kamis, berhasil mengalahkan dua atlet Amerika Serikat Anthony Schwartz dan Eric Harrison.

Kedua atlet Amerika Serikat itu harus puas menempati peringkat dua dan tiga dengan catatan waktu masing-masing 10,22 detik. Catatan waktu Lalu 10,18 detik itu sekaligus memecahkan rekor nasional junior atas namanya sendiri 10,25 detik.

Tag : sandiaga uno, atletik
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top