Dua Korea Kemungkinan Bergabung di Asian Games

Dewan Olimpiade Asia (OCA) akan bertemu dengan perwakilan olahraga Korea Selatan dan Korea Utara, Kamis (28/6/2018), untuk mendiskusikan partisipasi gabungan kedua negara pada Asian Games tahun ini di Indonesia.
Newswire | 27 Juni 2018 16:47 WIB
Stadion Utama Gelora Bung Karno di Jakarta, venue utama Asian Games 2018. - Antara/Widodo S. Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA - Dewan Olimpiade Asia (OCA) akan bertemu dengan perwakilan olahraga Korea Selatan dan Korea Utara, Kamis (28/6/2018), untuk mendiskusikan partisipasi gabungan kedua negara pada Asian Games tahun ini di Indonesia.

Dua Korea pekan lalu sepakat untuk berdefile bersama di bawah bendera semenanjung pada 18 Agustus mendatang dalam pembukaan Asian Games di Jakarta, serta menampilkan tim gabungan pada beberapa cabang olahraga.

Pada Februari lalu, Korsel dan Korut juga membentuk tim gabungan pada cabang hoki es putri dalam Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang, serta berdefile bersama pada acara pembukaan.

"OCA menunggu pertemuan nanti dengan pewakilan komite olimpiade Korsel dan Korut untuk membahas langkah lebih lanjut dalam kerja sama ini," kata Vinod Kumar Tiwari, Direktur Internasional dan Hubungan Komite-Komite Olimpiade OCA, dalam sebuah pernyataannya.

"Waktu yang sangat tepat bagi kedua Korea, dan olahraga berperan besar dalam mengantar mereka bersama dalam suasana damai serta saling pengertian," katanya.

Rencana tersebut muncul di tengah hubungan yang makin membaik antara kedua Korea, serta hubungan Pyongyang dan Washington, setelah sempat terjadi ketegangan tahun lalu terkait program nuklir Korut.

Asian Games ke-18 akan berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Asian Games 2018

Sumber : Antara/Reuters

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top