Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Tribun Venue Voli Pantai di Palembang

Kementerian PUPR Selesaikan Pembangunan Tribun Venue Voli Pantai di Palembang
Irene Agustine | 21 Juni 2018 02:12 WIB
Tribun VIP untuk venue cabang olahraga voli pantai di kompleks Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan telah selesai dibangun. - Istmewa/PUPR

Bisnis.com, JAKARTA--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan tribun VIP untuk venue cabang olahraga voli pantai di kompleks Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.

Saat ini, venue tersebut tengah dalam proses perapihan dan penyelesaian (finishing) akhir.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono selaku Ketua Pelaksana Bidang Sarana dan Prasarana Asian Games XVIII mengatakan seluruh venue yang digunakan pada Asian Games ditargetkan selesai akhir Juni 2018.

“Seperti yang sering disampaikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla bahwa sukses Asian Games pada intinya ada tiga, yakni sukses penyediaan venue atau infrastruktur, kedua sukses penyelenggaraan, dan ketiga sukses prestasi olahraga," kata Basuki, dikutip dari keterangan resmi, Rabu (20/6/2018).

Pembangunan tribun tersebut akan melengkapi venue voli pantai yang telah selesai sebelumnya dan dibangun oleh Pemerintah Provinsi Sumsel.

Hal tersebut merupakan salah satu bukti sinergi kolaborasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam mempersiapkan perhelatan Asian Games XVIII Jakarta-Palembang yang akan dimulai tanggal 18-8-2018.

Bangunan tribun VIP terdiri dari 3 lantai dengan luas bangunan 3.000 m2. Lantai 1 dari tribun terdiri area delegasi, control commitee/court manager area, press and non competed athlete area, competed athlete area. Untuk VIP, VVIP dan tribun area di lantai 2 dan 3 memiliki kapasitas 478 orang.

Dalam mewujudkan venue yang integratif, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan yang menangani beberapa bangunan pendukung lain serta penataan lansekap di sekitar area venue.

Selain itu Kementerian PUPR juga memfasilitasi perluasan field of play (FOP) dengan mendatangkan pasir kwarsa dari Pulau Bangka serta fasilitas khusus bagi penonton difable.

Konstruksi tribun VIP tersebut dikerjakan dalam waktu kurang dari 6 (enam) bulan dan mendapatkan apresiasi dari technical delegate cabor voli pantai karena pada test event bulan Oktober 2017, tribun masih menggunakan tenda.

Venue ini mempunyai keunikan sendiri dengan menghadirkan suasana pantai karena berada di tepi danau Jakabaring yang juga digunakan multievent seperti cabang olahraga thriatlon, rowing, canoe dan dragon boat.


Tag : Asian Games 2018
Editor : Andhika Anggoro Wening
Top