Hasil Tenis Prancis Terbuka, Nadal vs Del Potro di Semifinal

Juan Martin del Potro mengatasi Marin Cilic untuk mencapai semifinal Prancis Terbuka untuk pertama kalinya dalam 9 tahun pada Kamis tengah malam WIB (7/6/2018), memenangi duel yang tertunda hujan itu dengan skor 7-6(5) 5-7 6-3 7-5.
M. Syahran W. Lubis | 08 Juni 2018 03:07 WIB
Petenis Spanyol Rafael Nadal - Reuters/Tony Gentile

Bisnis.com, JAKARTA – Juan Martin del Potro mengatasi Marin Cilic untuk mencapai semifinal Prancis Terbuka untuk pertama kalinya dalam 9 tahun pada Kamis tengah malam WIB (7/6/2018), memenangi duel yang tertunda hujan itu dengan skor 7-6(5) 5-7 6-3 7-5.

Bertarung di Roland Garros Paris, kemenangan beruntun kedelapan petenis 29 tahun ini atas Cilic, petenis Kroasia, menyiapkan pertemuan melawan juara 10 kali Rafael Nadal (Spanyol).

Permainan diteruskan di Lapangan Suzanne Lenglen yang cerah, di mana unggulan kelima dan ketiga itu terkunci pada skor 5-5 pada tiebreak set pertama, setelah hujan menghentikan pertandingan oktan tinggi mereka pada Rabu (6/6/2018).

Del Potro, petenis Argentina, hanya memerlukan dua poin untuk mengantongi set pertama ketika Cilic melepaskan pukulan forehand rutin untuk mengubah skor menjadi 5-6.

Set kedua terjadi seperti ketika set pertama didominasi oleh serve sampai Cilic mempertajam permainannya untuk melakukan break pada kedudukan 4-4 -- Del Potro yang marah melempar raketnya saat "changeover."

Cilic bermain buruk ketika melakukan serve untuk menutup set, melakukan empat unforced error, tapi ia mendapatkan kesempatan lain untuk serve untuk mengamankan set setelah kembali mematahkan serve Del Potro, dan pada kedua kalinya ia menyamakan kedudukan.

Del Potro sedikit mengendurkan tekanan pada set ketiga, dan Cilic mendapatkan poin untuk double break, namun petenis Argentina bertubuh kekar itu, yang mendapat dorongan semangat dari yel-yel "Delpo Delpo" mengembalikan permainannya untuk bangkit dari tertinggal 0-2 dan mendapatkan set ketiga.

Mantan juara Roland Garros junior Cilic, yang berupaya untuk mencapai semifinal untuk pertama kalinya setelah tersingkir di delapan besar 12 bulan silam, menjaga penampilannya pada set keempat.

Ia memukul pukulan backhand panjang pada break point pada kedudukan 5-5, membuat Del Potro dapat melakukan serve untuk menutup permainan, yang ia lakukan dengan mudah ketika Cilic mengirimkan tiga backhand meninggalkan lapangan.

Di perempat final lainnya yang juga sempat tertunda hujan, Rafael Nadal, juara bertahan, akhirnya menaklukkan Diego Sebastian Schwartzman (Argentina) dengan angka 4-6 6-3 6-2 6-2.

Ketika pertandingan terhenti akibat hujan, Nadal tengah unggul 5-3 pada set kedua setelah kalah di set pertama.

Di semifinal lainnya, petenis non-unggulan dari Italia, Marco Cecchinato, yang menghentikan unggulan ke-20 Novak Djokovic (Serbia) di perempat final, akan bertemu Dominic Thiem (Austria).

Laga semifinal Cecchinato melawan Thiem dijadwalkan berlangsung pada Jumat (8/6/2018) mulai pk. 18:00 WIB, sedangkan Nadal kontra Del Potro dimulai pada pk. 20:30 WIB.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
tenis, prancis terbuka, roland garros'

Sumber : RolandGarros.com, Reuters, & Antara

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top