Lewis Hamilton Menangi F1 GP Spanyol

Lewis Hamilton memenangi Grand Prix Spanyol ketika Mercedes menduduki posisi satu-dua pada Minggu (13/5/2018).
Newswire | 14 Mei 2018 02:23 WIB
Pebalap Inggris Lewis Hamilton (kanan) merayakan kemenangannya di F1 GP Spanyol. - Reuters/Albert Gea

Bisnis.com, JAKARTA – Lewis Hamilton memenangi Grand Prix Spanyol ketika Mercedes menduduki posisi satu-dua pada Minggu (13/5/2018), untuk memperbesar keunggulannya terhadap pebalap Ferrari Sebastian Vettel di klasemen Formula 1 menjadi 17 poin.

Kemenangan ini, yang didapat dari posisi start terdepan pada balapan yang tetap kering meski terdapat ancaman turunnya hujan, merupakan kemenangan kedua pebalap Britania tersebut di musim ini, kemenangan ke-64 sepanjang kariernya, dan kemenangan ketiganya di Circuit de Catalunya.

Pebalap Finlandia Valtteri Bottas menduduki posisi kedua, tertinggal 20,5 detik, sedangkan pebalap Belanda 20 tahun Max Verstappen melengkapi para pengisi podium untuk tim Red Bull, dan Vettel finis di posisi keempat.

Kemenangan Vettel meneruskan apa yang menjadi kemenangan dengan diwarnai keberuntungan di Azerbaijan 2 pekan silam, namun pada Minggu keberuntungan bukan menjadi andalan bagi dirinya dan sang juara telah mendapatkan kembali kemampuan terbaiknya.

"Ini lebih seperti itu, mari pertahankan," kata Hamilton melalui radio timnya saat ia melewati bendera finis.

"Hari ini mobil dan saya sendiri, saya merasa bahwa sinergi itu yang tidak saya rasakan sepanjang tahun," tambahnya pada wawancara prapodium setelah memarkir mobilnya di pitlane. "Ini adalah perasaan yang bagus."

"Kami didampingi oleh dewan Mercedes...maka terasa menyenangkan untuk berada dengan mereka semua di sini dan melihat kekuatan sebenarnya yang ada di tim, kedalaman kekuatan, maka saya harap kami dapat meneruskannya."

Hamilton sekarang memiliki 95 poin, sedangkan Vettel 78 poin setelah lima putaran dari kejuaraan yang total akan melangsungkan 21 balapan.

Mercedes merebut kembali pucuk klasemen konstruktor dari Ferrari, yang pebalap mereka yang lain, juara dunia 2007 Kimi Raikkonen, tidak dapat menyelesaikan balapan.

Pebalap Australia Daniel Ricciardo menduduki urutan kelima untuk Redbull, mengungguli pebalap Denmark Kevin Magnussen yang membela Haas, dan dua pebalap Spanyol Carlos Sainz (Renault) dan Fernando Alonso (di posisi kedelapan untuk McLaren).

Pebalap Meksiko Sergio Perez berada di urutan kelima untuk Force India dan pebalap rookie Monesgasque, Charles Leclerc, mengambil poin terakhir untuk Sauber.

Ketika Hamilton menjauh sejak awal, dan Vettel melewati Bottas menjelang tikungan pertama untuk menduduki urutan kedua, terjadi kekacauan di baris belakang ketika mobil Romain Grosjean terpelintir.

Pria Prancis itu kemudian membentur mobil Renault Nico Hulkenberg dan mobil Toro Rosso yang dikemudikan Pierre Gasly, namun untungnya tidak ada yang cedera dari kecelakaan ini, yang membuat safety car masuk trek untuk enam lap pertama.

Ketika balapan dilanjutkan Vettel menjadi pebalap pertama di grup terdepan yang masuk ke dalam pit, namun pasangan Mercedes belum masuk pit akibat strategi one stop mereka, di mana Hamilton kemudian mencatatkan waktu terbaik dalam satu lap.

Saat Vettel masuk pit untuk kedua kalinya saat periode "virtual safety car" berlangsung, setelah Esteban Ocon memarkir mobil Force Indianya di tepi trek, hal itu tidak menguntungkan dirinya dan ia justru kehilangan posisinya.

Verstappen, yang musim kompetisinya dinodai oleh beberapa tubrukan, juga hampir gagal menyelesaikan balapan ketika dia membentur bagian belakang mobil Williams yang dikemudian Lance Stroll dan kehilangan sayap depan mobilnya.

Sumber : Antara/Reuters

Tag : f1
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top