Menteri Rini Lepas Ribuan Pelari Mandiri Jogja Marathon 2018

Menteri BUMN Rini Soemarno setengah berlari saat akan naik panggung garis Start Mandiri Jogja Marathon 2018 di Kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (15/4/2018).
Yoseph Pencawan | 15 April 2018 07:52 WIB
Menteri BUMN Rini Soemarno setengah berlari saat akan naik panggung garis Start Mandiri Jogja Marathon 2018 di Kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (15/4 - 2018). (Foto: Istimewa).

Bisnis.com, YOGYAKARTA - Menteri BUMN Rini Soemarno setengah berlari saat akan naik panggung garis Start Mandiri Jogja Marathon 2018 di Kawasan Candi Prambanan, Yogyakarta, Minggu (15/4/2018).

Mengenakan kaos putih dan bersepatu kets hitam, Rini didampingi Dirut Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menyapa para pelari yang sudah bersiap di garis depan.

Bendera start sudah di genggaman, tetapi Rini dan Kartika Wirjoatmojo, Dirut Bank Mandiri yang akrab disapa Tiko, menyempatkan diri berfoto bersama dengan beberapa peserta, sekitar 15 menit sebelum waktu start.

Dengan tawa mengembang dan tangan yang sigap, tepat pukul 05.30 WIB Menteri Rini pun mengibaskan bendera start tanda dimulainya lomba yang diikuti lebih dari 8.000 pelari tersebut.

Lomba ini berlangsung dengan jarak standar full marathon 10 km dan half marathon 5 km, dengan lintasan jalan desa sekitar Prambanan-Sleman yang dilatari gunung Merapi dan banyak candi. Race village berada di Taman Wisata Candi Prambanan, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berada 16 km dari pusat kota.

Informasi dari pihak pihak penyelenggara, kategori full marathon diikuti oleh sekitar 6.000 pelari dan sisanya peserta kategori half marathon. Mereka berasal dari berbagai daerah di Tanah Air dan banyak juga warga negara asing, seperti dari Malaysia, Jepang, Italia dan Kenya.

Mereka yang menjadi peserta secara otomatis dilindungi program asuransi AXA Mandiri. Adapun waktu lomba dihitung berdasarkan chip time (perekam digital) yang diletakkan di gerbang start sehingga peserta tidak perlu berdesakan ke garis depan.

Lomba yang sepenuhnya bersifat road race dan dilakukan di jalan aspal yang relatif permanen tersebut menyiapkan hadiah yang akan diberikan kepada juara 1 hingga 3, baik untuk peserta pria maupun wanita di tiap kategori jarak lomba. Masing-masing dari mereka akan membawa pulang Rp25 juta (Juara I), Rp15 juta (Juara II) dan Rp8 juta (Juara III).

Tag : jogja, marathon
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top