Jadi Pebalap Wanita, Alinka Harus Latihan Dua Kali Lipat

Sebagai pebalap wanita, Alinka Hardian menghadapi tantangan untuk berkompetisi di lintasan balap dengan kaum pria.
Arif Gunawan | 31 Maret 2018 10:49 WIB
Alinka Hardianti (kanan) pebalap wanita yang tergabung dalam Toyota Team Indonesia. JIBI/Bisnis - Arif Gunawan

Bisnis.com, PEKANBARU - Sebagai pebalap wanita, Alinka Hardian menghadapi tantangan untuk berkompetisi di lintasan balap dengan kaum pria.

Salah satu tantangan yang harus dihadapinya yaitu dari segi fisik. Diakuinya wanita harus melatih fisik dua kali lipat lebih banyak dibandingkan pria.

"Soal fisik memang saya sedikit curhat, latihannya harus dua kali lebih banyak karena untuk membentuk otot wanita itu tidak sama dengan pria," katanya saat di Pekanbaru Sabtu (31/3/2018).

Latihan yang biasa dilakukan Alinka, misalnya lari, treadmil, sampai boxing untuk melatih konsentrasi. Dengan latihan itu dia menjaga ketahanan fisik menghadapi musim kompetisi balapan.

Lalu, soal haid yang menjadi rutinitas wanita, Alinka mengaku tidak mengalami hambatan berarti saat balapan di kala haid. Hal itu disebabkan kebiasaannnya berolahraga, yang membuat fisiknya kuat dan tidak gampang sakit.

"Karena sudah biasa latihan, jadi walaupun balapan waktu haid itu tidak terlalu mengganggu," katanya.

Adapun Alinka Hardian adalah salah satu pembalap yang tergabung dalam Toyota Team Indonesia, sejak 2008 silam. Dia menjuarai kompetisi slalom nasional pada 2013 silam, dan berkesempatan mengikuti kompetisi balap di Jepang pada 2016, dan 2017.

Tag : pebalap
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top