Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil F1: Vettel Menyusup ke Depan Hamilton, Juara di Melbourne

Sebastian Vettel menyusup ke depan Lewis Hamilton dan menahan sang juara bertahan untuk memenangi balapan pembukaan musim Formula 1 Grand Prix Australia di Melbourne.
Sebastian Vettel mencium trofi sesaat setelah menjuarai F1 GP Australia 2018 di Melbourne pada Minggu (25/3/2018)./Reuters-Brandon Malone
Sebastian Vettel mencium trofi sesaat setelah menjuarai F1 GP Australia 2018 di Melbourne pada Minggu (25/3/2018)./Reuters-Brandon Malone

Bisnis.com, JAKARTA - Sebastian Vettel memaksimalkan digunakannya virtual safety car untuk menyusup ke depan Lewis Hamilton dan menahan sang juara bertahan untuk memenangi balapan pembukaan musim Formula 1 Grand Prix Australia di Melbourne pada Minggu (25/3/2018).

Performa mesin Mercedes yang sedang berada dalam "mode pesta" membawa Hamilton mengamankan posisi start terdepan pada Sabtu (24/3/2018), namun hal itu tidak banyak berarti saat pembalap Ferrari Vettel berada di depan dirinya ketika kembali memasuki trek dari pit lane pada pertengahan balapan di Albert Park.

Hamilton yang start di posisi terdepan terlihat akan melaju menuju kemenangan dengan keunggulan kecepatan yang dimilikinya, namun peruntungannya pudar ketika safety car, yang harus masuk trek setelah pembalap Haas Romain Grosjean mengalami masalah dan terpelintir sampai terhenti pada tikungan dua.

Hal itu mendatangkan keuntungan lain untuk Ferrari, Kimi Raikkonen finis di urutan ketiga, mengungguli pembalap Red Bull Daniel Ricciardo dan membuat sang pembalap Australia masih harus menantikan podium pertama pada balapan di kandang sendiri.

Juara dunia empat kali Vettel mencatatkan kemenangan ke-48nya secara keseluruhan dan kemenangan ketiganya di Melbourne, menyusul kemenangannya di Albert Park pada 2011 dan tahun lalu.

"Tidak perlu dikatakan bahwa kami sedikit beruntung dengan saat munculnya safety car. Ini bukan jalur termudah untuk dilalui," kata pembalap Jerman itu, yang memulai balapan dari posisi ketiga dan mendapat posisi terdepan ketika Hamilton dan Raikkonen telah masuk pit terlebih dahulu di balapan ini.

Bagi Hamilton, hasil ini merupakan pil pahit dan mengingatkan pada balapan tahun lalu. Vettel juga mampu kembali berada pada posisi di depan dirinya dari pit-lane pada 2017, sebelum kemudian melejit untuk mendulang kemenangan ketika sang pembalap Inggris terhalang mobil-mobil lain.

Petinggi Mercedes Toto Wolff mengatakan timnya keliru memperhitungkan marjin di antara mobil-mobil pada periode safety car.

"Menurut kami, kami memiliki marjin yang cukup," ucapnya kepada BBC. "Ini pasti terdapat bug pada software di sistem yang menyebabkan kami keliru. Kami sekarang bekerja keras untuk mengetahui di mana masalah kami."

Hamilton berusaha tetap positif. "Bahkan saat ini saya tidak memahami apa yang terjadi. Saya melakukan semua yang saya yakini semestinya saya lakukan."

Setelah kemunduran di pit lane, Hamilton bekerja keras untuk mengejar Vettel dan mampu kembali ke posisi terdekat pada tikungan yang memangkas keunggulan pesaingnya hanya menjadi 3 detik.

Namun dia akhirnya mengibarkan bendera putih pada lap-lap penutup untuk menjaga kondisi mobilnya demi balapan-balapan selanjutnya.

Juara dunia dua kali Fernando Alonso finis di urutan kelima untuk McLaren pada balapan pertama timnya dengan dukungan mesin dari Renault, menyamai hasil terbaik mereka dalam tiga tahun bersama pemasok mesin mereka sebelumnya Honda.

Talenta muda Red Bull asal Belanda Max Verstappen finis di posisi keenam setelah mengalami terpelintir 360 derajat penuh pada lap ke-10, yang membuatnya tertinggal.

Rekan setim Hamilton Valtteri Bottas finis di peringkat kedelapan setelah start dari posisi ke-15, dia mendapat penalti tiga grid karena pergantian gearbox setelah tabrakan keras pada sesi kualifikasi.

Akhir pekan dimulai dengan baik untuk Haas dengan penampilan bagus saat kualifikasi, namun hal itu berubah saat balapan ketika Grosjean dan Kevin Magnussen tidak mampu menyelesaikannya.

Total terdapat lima mobil yang gagal finis pada balapan pembukaan, termasuk pembalap debutan asal Rusia Sergey Sitorkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/Reuters

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler