Rugbi Minim Kompetisi, Berpotensi Raih Prestasi

Kementerian Pemuda dan Olahraga menilai cabang olahraga rugbi di Indonesia dari segi kompetisi sangat kurang, namun berpeluang besar melahirkan prestasi.
Nurudin Abdullah | 13 Maret 2018 21:51 WIB
Ilustrasi olahraga rugbi - Reuters/Nigel Marple

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pemuda dan Olahraga menilai cabang olahraga rugbi di Indonesia dari segi kompetisi sangat kurang, namun berpeluang besar melahirkan prestasi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan cabang olahraga rugbi diharapkan dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia di Asian Games 2018 yang digelar di Jakarta dan Palembang.

"Untuk cabang olahraga rugbi memang dari segi pembinaan dan kompetisi sangat kurang. Namun, saya berharap cabang olahraga rugbi bisa berkembang dan pada akhirnya bisa mengharumkan nama Indonesia," ungkapnya.

Sebagaimana dilansir website resmi Kemenpora pada Selasa (13/3/2018), Imam menjelaskan Asian Games merupakan peluang untuk membuktikan bahwa di Indonesia cabang olahraga rugbi bisa berkembang dan menjadi pilihan bagi anak-anak.

"Kalian [timnas rugbi] bisa menggerakkan anak-anak Indonesia untuk menjadi bagian dari keluarga besar rugbi dan pada saatnya rugbi bisa menjadi kebangaan baru bagi Indonesia," ujar Menpora didampingi Manajer Tim Rugbi Indonesia, Doedie Gambiro.

Imam menegaskan bahwa rugbi memiliki peluang dan kesempatan untuk meraih yang terbaik di Asian Games karena kegiatan pertandingannya di rumah sendiri yakni di Jakarta dan Palembang.

“Kalian sudah berlatih dan mengorbankan semuanya termasuk meninggalkan keluarga. Ini perjuangan yang tidak sia-sia dan akan mendapat hasil yang terbaik. Merah putih di dada kita ini harus berkibar di Asian Games," tegas Menpora.

Tag : Asian Games 2018
Editor : M. Syahran W. Lubis
Top