Hasil Tenis Indian Wells: Djokovic Tersingkir, Federer Melaju

Novak Djokovic tampil tidak meyakinkan ketika mantan petenis peringkat satu dunia itu kalah dari petenis kualifikasi asal Jepang Taro Daniel pada putaran kedua BNP Paribas Terbuka di Indian Wells, California, Amerika Serikat.
M. Syahran W. Lubis | 12 Maret 2018 13:24 WIB
Petenis Swiss Roger Federer - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Novak Djokovic tampil tidak meyakinkan ketika mantan petenis peringkat satu dunia itu kalah dari petenis kualifikasi asal Jepang Taro Daniel pada putaran kedua BNP Paribas Terbuka di Indian Wells, California, Amerika Serikat, pada Senin WIB (12/3/2018).

Pada pertandingan ketika ia kembali dari operasi siku kanan, Djokovic terlihat sebagai bayang-bayang dirinya sendiri ketika ia tertinggal (3)6-7, 6-4, 1-6 untuk membuat dirinya tersingkir lebih dini dari turnamen yang telah ia menangi sebanyak lima kali.

Penampilan Djokovic di set terakhir melawan petenis peringkat 109 dunia di lapangan tengah itu membuat banyak orang mengerutkan dahi.

Mantan juara Grand Slam asal AS sebanyak empat kali Jim Courier mempertanyakan upaya petenis Serbia itu, mengatakan bahwa Djokovic "menyerah”.

"Tanda tanya yang mengelilingi kekalahannya pada hari ini hanya akan tumbuh semakin besar," kata Courier dalam wawancaranya dengan The Tennis Channel.

"Kami bertanya-tanya pascaoperasi bagaimana ini akan berlanjut, bagaimana sikunya akan bereaksi terhadap ketegangan dan stress, namun kelihatannya hati dan kepalanya tidak bereaksi dengan benar pada pertandingan ini. Hal-hal yang terlihat membuat Anda menggaruk-garuk kepala."

Juara Grand Slam sebanyak 12 kali Djokovic, yang merupakan unggulan ke-10, menyadari penampilan buruknya.

"Ini terasa seperti pertandingan pertama yang pernah saya mainkan di tur, sangat aneh," ucapnya kepada para pewarta.

"Saya benar-benar kehilangan ritme, semuanya, sedikit kesulitan dengan kesehatan pada beberapa pekan terakhir. Saya bersyukur dapat berada di lapangan setelah operasi secepat itu, namun di saat yang sama ini sama sekali tidak terasa nyaman. Terdapat rasa gugup. Saya melakukan terlalu banyak unforced error."

Djokovic absen selama 6 bulan setelah Wimbledon tahun lalu dan kembali bermain pada Australia Terbuka pada Januari, di mana ia kalah di putaran keempat. Dia dioperasi di Swiss tidak lama setelahnya.

Daniel memenangi dua putaran kualifikasi dan kemudian menaklukkan sesama petenis kualifikasi Cameron Norris untuk mengamankan pertemuan pertamanya dengan Djokovic.

Juara bertahan Roger Federer terhindar dari nasib yang sama seperti Djokovic, meski unggulan teratas asal Swiss itu harus bekerja keras untuk menyingkirkan petenis kidal asal Australia Federico Delbonis pada pertandingan yang diselesaikan pada Senin WIB, setelah sempat dihentikan karena hujan pada kedudukan 2-2 di set kedua pada Minggu WIB (11/3/2018).

Federer mengamankan set point pada tiebreak untuk menang 6-3, 7-6(6) atas Delbonis.

Petenis Prancis Gael Monfils selamat dari match point sebelum menaklukkan petenis AS John Isner dengan skor 6-7(5), 7-6(3) pada pertandingan yang hanya menghadirkan satu break.

Yuki Bhambri asal India menghadirkan kejutan ketika ia mengalahkan petenis unggulan kesembilan asal Prancis Lucas Pouille dengan skor 6-4, 6-4.

Petenis Israel Dudi Sela menaklukkan unggulan ke-21 asal Inggris Kyle Edmund dengan skor 6-4, 6-4, sedangkan unggulan ke-24 asal Luxemburg Gilles Muller menang 6-3, 7-5 atas petenis Prancis Pierre-Hugues Herbert.

Turnamen ini juga kehilangan petenis Jepang Kei Nishikori, yang mengundurkan diri karena sakit.

Sumber : Reuters & Antara

Tag : tenis
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Top