Etape I Tour de Singkarak Milik Pebalap Sepeda Jerman

Pebalap asal Jerman, Robert Muller, menjuarai etape pertama kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2017.
Newswire | 19 November 2017 00:11 WIB
Pebalap Jerman Robert Muller mengangkat tangan ketika finis terdepan di etape pertama Tour de Singkarak 2017 di Sumatra Barat pada Sabtu (18/11/2017). - Antara/Maril Gafur

Bisnis.com, PADANG - Pebalap asal Jerman, Robert Muller, menjuarai etape pertama kejuaraan balap sepeda internasional Tour de Singkarak (TdS) 2017 dari Istano Basa Pagaruyung, Tanah Datar dan finis di Pantai Padang, Kota Padang, Sumatra Barat, pada Sabtu (18/11/2017).

Andalan tim Embrace The World Cycling ini membukukan catatan waktu 02:32:48 untuk menempuh 109,3 km. Posisi dua direbut Paerapol Chawchiangkwang dari Thailand Continental Cycling Team dengan waktu 02:32:48 dan peringkat tiga pebalap Indonesia Jamal Hibatulloh dari KFC dengan waktu 02:32:52.

Bagi Muller, kemenangan yang diraih pada etape pertama kejuaraan yang didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata ini begitu istimewa karena diraih saat dirinya bersama tim pertama kali turun dibalapan di Ranah Minang ini.

"Saya senang bisa tampil di sini. Apalagi langsung menjadi juara pada salah satu etape yang dilombakan. Ini percapaian tim," kata Muller usai balapan.

Tiga pebalap yang masuk finis di urutan terdepan memang menggebrak sejak awal perlombaan. Bahkan setelah dilepas di Istano Basa Pagaruyung langsung memisahkan diri dengan pebalap yang masuk rombongan besar. Saling bergantian memimpin dilakukan hingga menjelang finis.

Pebalap dengan nomor start 122 langsung berteriak setelah mampu memenangi adu sprint dengan pebalap di belakangnya. Kondisi ini membuat penonton bertepuk tangan melihat perjuangan ketiga pebalap terdepan menggapai garis finis.

Di belakang ketiga pebalap tersebut ada rombongan kedua yang dipimpin oleh pebalap senior yang juga tiga kali juara TdS, Ghader Mizbani. Perlawanan pebalap Iran ini menjadi pantauan khusus bagi semua pebalap, karena masih diunggulkan.

Tidak hanya Muller. Pebalap peringkat kedua dan ketiga juga tidak kalah senangnya karena baru pertama kali turun sudah mampu naik podium. Apalagi persaingan untuk meraihnya sangat ketat.

"Ini balapan pertama saya di TdS. Hasilnya cukup bagus untuk mengawali balapan ini. Semoga ke depannya jauh lebih baik. Balapan masih panjang," kata Jamal.

Setelah menyelesaikan etape pertama, semua pebalap yang finis akan melanjutkan balapan ke etape dua dari Paninan Pesisir Selatan menuju Sawahlunto pada Minggu (19/11/2017) dengan jarak tempuh 156 km. Etape ini dinilai cukup berat karena kombinasi jalan datar dan tanjakan yang cukup tinggi.

Sumber : Antara

Tag : tour de singkarak
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top